Dampak Alley Pada U-Turn Terhadap Kinerja Ruas Jalan Perkotaan
Abstract
Ruas Jalan Affandi yang terletak di Kota Yogyakarta merupakan salah satu kawasan yang memiliki tingkat lalu lintas yang padat. Salah satu penyebabnya adalah bukaan median yang berhadapan dengan gang yang dapat menimbulkan konflik berupa kemacetan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja ruas jalan, panjang antrean, tundaan dan mengusulkan alternatif solusi perbaikan.
Penelitian dilakukan dengan metode survei lapangan yang mencakup volume lalu lintas, karakteristik di badan jalan, kecepatan kendaraan, driving behaviour, panjang antrean dan tundaan. Analisis menggunakan mikrosimulasi VISSIM yang mengacu pada Perencanaan Putaran Balik 06/BM/2005 dan tingkat kinerja ruas jalan mengacu pada Peraturan Menteri Perhubungan nomor PM 96 Tahun 2015.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari analisis VISSIM didapatkan kecepatan rata-rata kondisi eksisting untuk arah Utara ke Selatan sebesar 30,29 km/jam dan 28,62 km/jam untuk arah Selatan ke Utara dengan tingkat pelayanan E, panjang antrean rata-rata sebesar 22,23 meter dan tundaan rata-rata sebesar 13,66 detik. Melalui analisis VISSIM dilakukan dua alternatif solusi yaitu Alternatif I memindah dan menutup bukaan median yang berhadapan dengan gang masing-masing sejauh 60 meter dan, alternatif II yaitu memindah dan menutup bukaan median yang berhadapan dengan gang masing-masing sejauh 70 meter. Didapatkan alternatif terbaik yaitu alternatif I dengan persentase penurunan rata-rata dari kondisi eksisting VISSIM sebesar 82,87 % untuk panjang antrean dan 61,05 % untuk nilai tundaan sedangkan kecepatan kendaraan mengalami kenaikan dari kondisi eksisting VISSIM dengan persentase kenaikan kecepatan sebesar 16,48 % arah Utara ke Selatan dan 26,69 % arah Selatan ke Utara dengan tingkat pelayanan E.
Collections
- Civil Engineering [4192]