Peran Guru Dalam Penerapan Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan Keagamaan (Religious Culture) Di SMP Negeri 4 Katingan Kuala Kabupaten Katingan Kalimantan Tengah
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran aktif guru dalam menanamkan
karakter di sekeolah SMP Negeri 4 Katingan Kuala. Masalah yang terjadi di di
SMP Negeri 4 Katingandari beberapa siswa kurang sadar tentang pendidikan
karakter disekolah. Selain itu, siswa kurang aktif terhadap mata pelajaran agama.
Pendidikan karakter melalui pembiasaan agama bisa membentuk kepribadian
siswa. Apalagi siswa disekolah di tuntut untuk bisa aktif dalam kegamaan dan
sosial.
Penelitian thesis ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research).
Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan jenis
pendekatan secara natural setting diantaranya dengan melakukan pendekatan.
Peneliti Dalam penelitian kualitatif metode yang biasanya dimanfaatkan adalah
wawancara, pengamatan dan pemanfaatan dokumen. Selanjutnya peneliti
melakukan verifikasi dan menyimpulkan hasil penelitian.
Berdasarkan hasil penelitian,Peran Guru dalam penerapan Pendidikan
Karakter melalui Pembiasaan Keagamaan (Religious Culture) di SMP Negeri 4
Katingan Kuala Kabupaten Katingan. Adalah;1) Peran Pendidikan karakter
kepribadian disekolah,2) Peran Pendidikan Karakter nasionalisme,3) Peran
Pendidikan Karakter Integritas,4) Peran Pendidikan karakter kemadirian,5) Peran
Pendidikan Religius 6) Peran Pendidikan Gotong Royong 7) Peran Pendidikan
toleransi 8) Peran Pendidikan karakter “salam sapa” 9) Peran Pendidikan
Karakter Kegamaan 10) Peran Pendidikan Karakter Keteladanan