dc.description.abstract | IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN
DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH
DI SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA
Oleh:
Mufidatun Khoiriyah
15913213
Membentuk pengalaman beragama pada siswa sejak dini berarti menanamkan akar beragama pada mereka. Kelak pengalaman beragama yang mengakar ini akan mampu membentuk akhlakul karimah siswa sebagai muara tujuan pendidikan nasional bangsa. Meskipun SMP Negeri 2 Mlati, Sleman sudah mengimplementasikan Kegiatan Keagamaan, akan tetapi Aklak siswanya belum semuanya terbentuk sesuai harapan. Kemudian muncul pertanyaan bagaimana cara SMP Negeri 2 Mlati Sleman dalam menyikapi hal ini pada siswanya. Penelitian ini berusaha untuk mengeksplorasi; 1) bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah di SMP Negeri 2 Mlati Sleman ; 2) bagaimana hasil implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk akhlakul karimah di SMP Negeri 2 Mlati Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMP Negeri 2 Mlati Sleman. Proses pengumpulan data dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara dari informan yang sudah ditentukan (purposive).Keabsahan datanya dengan Triangulasi sumber dan analisis datanya menggunakan interaktif, diawali; Koleksi, kondensasi, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan/ verifikasi.
Penelitian ini menghasilkan, pertamaImplementasikan pembentukan akhlakul karimah melalui kegiatan keagamaan di SMP Negeri 2 Mlati Sleman sebagaimana tercantum dalam amanah visi misi sekolah dan terjabarkan dalam kegiatan harian, bulanan dan tahunan. Kegiatan harian terdiri dari 3s1j, tadarus pagi, sholat berjamaah dhuha, dhuhur dan jumatan, literasi baca tulis Al Qur’an dan infaq. Kegiatan mingguan terwujud dalam pengajian kelas keliling rumah siswa, kegiatan tahunan terlaksanakan melalui penerapan kegiatan PHBI yang terdiri dari Maulid Isra Mi’raj dan penyembelihan hewan qurban, Pesantren kilat, zakat fitrah, baksos, doa bersama, syawalan dan shalat ghaib.Kedua,Hasil Implementasi kegiatan keagamaan di SMP Negeri 2 Mlati Sleman efektif terbukti dapat membentuk akhlakul karimah siswa dibuktikan dengan perilaku siswa setelah mengikuti kegiatan keagamaan dimana terdapat pola perubahan perilaku lebih baik, sesuai dengan ajaran agama yang dituntunkan serta terbangun kesadaran yang kuat untuk bertingkah laku sesuai ajaran agama. | en_US |