dc.description.abstract | SUPARDIYONO, Studi Komparasi Managemen Pendidikan Agama Islam dan
Pendidikan Umum (UNAS) di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan di SMP
Al-Manar Galur Kulonprogo. Tesis. Yogyakarta : Program Pasca Sarjana Studi
Pendidikan Islam Fakultas Agama Islam Universitas Islam Indonesia (UII) 2016.
Latar belakang tesis ini adalah kami masih melihat hasil belajar kurang
signifikan, bahkan dalam pengelolaan pembelajaran pendidikan umum (UNAS)
dan pembelajaran (PAI) belum memberikan kepuasan. Nilai-nilai kognitif lebih
dominan terperhatikan daripada aspek afektif dan psikomotorik. SMP
Muhammadiyah 3 Yogyakarta menggunakan kurikulum Nasional dan Yayasan
dengan bobot jam belajarnya 8 jam. SMP Al-Manar Galur Kulonprogo
menggunakan kurikulum : Nasio nal, Yayasan dengan Boarding School dengan
bobot 24 jam.
Penelitian ini merupakn penelitian kualitatif jenis komparatif. Dengan
mengambil obyek di SMP Muhammadiyah 3 Yogyakarta dan SMP Al-Manar
Boardding School Galur Kulonprogo. Pengambilan data dengan observasi secara
partisipasi, wawancara dan dokumentasi analisis data yang dilakukan dengan
memberi makna atau penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari
makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan dan klarifikasi data serta
keabsahannya dilakukan dengan mengadakan triangulasi.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Manajemen Pembelajaran Pendidikan
Umum dan Pendidikan PAI di dua lembaga ini meliputi : perencanaan, organisasi,
penggerakan dan pengawasan. (2) Perbedaan yang ditemukan pada kedua
lembaga ini adalah perbedaan secara umum dalam pengelolaan pembelajaran,
perbedaan secara konstektual dan perbedaan pada keunggulan. | en_US |