Persepsi Siswa Dan Guru Terhadap Implementasi Metode Active Learning Dalam Pembelajaran PAI Kelas VIII Di SMPN 1 Srandakan Bantul
Abstract
PERSEPSI SISWA DAN GURU TERHADAP
IMPLEMENTASI METODE ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PAI
KELAS VIII SMPN I SRANDAKAN BANTUL
Adam Santosa
NIM: 12913179
Active learning merupakan metode yang wajib diterapkan dalam pembelajaran
saat ini. Evaluasi penerapan metode pembelajaran active learning PAI belum
pernah baik melalui observasi maupun umpan balik dari siswa. Evaluasi selama
ini berdasarkan nilai akhir dari pembelajaran PAI. Hasil nilai akhir PAI pada
beberapa tahun belakangan ini mengalami penurunan dan lebih rendah
dibandingkan dengan mata pelajaran yang lain.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analisis dengan metode
pengumpulan data kuantitatif. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa
kuesioner untuk mengetahui persepsi siswa dan guru.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 85 persen siswa dan 94 persen guru
mempunyai persepsi yang baik terhdap implementasi metode active learning
dalam PAI kelas VIII. Implementasi metode active learning bertujuan untuk
memotivasi siswa menjadi aktif berpartisipasi dalam kegiatan proses belajar
mengajar, namun terhambat beban kompetensi dasar yang padat.
Implementasi metode active learning guru PAI kelas VIII dipersepsikan baik oleh
siswa dan guru di SMPN 1 Srandakan.