Konsep Pendidikan Karakter Menurut Kh. Zainal Abidin Moenawwir Dalam Kitab Wazaa’if al-Muta’allim
Abstract
Penelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji kitab Waz{a>’if al-Muta'allim karya KH. Zainal Abidin Munawwir Krapyak Yogyakarta. Tujuan penelitian difokuskan untuk menggali konsep pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Waz{a>’if al-Muta'allim, baik secara eksplisit maupun implisit. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan termasuk dalam jenis penelitian pustaka. Oleh karena itu, pengumpulan data dilakukan hanya dengan dokumentasi. Untuk menganalisis data, metode yang digunakan adalah deskriftif-analisis. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hermenutik. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa pendidikan karakter yang terdapat dalam kitab Waz{a>’if al-Muta'allim bersumber dari al-Qur’an, Hadis, atsar, dan perkataan ulama. Secara garis besar kitab Waz{a>’if al-Muta'allim membagi akhlak peserta didik dalam pendidikan karakter menjadi empat katagori, yaitu, akhlak peserta didik ketika akan memulai belajar, akhlak peserta didik terhadap gurunya, akhlak peserta didik ketika kegiatan belajar mengajar, dan akhlak peserta didik ketika selesai pembelajaran. Kemudian dilanjutkan dengan kompetensi-kompetensi dan etika pendidik yang harus dipenuhi. Dalam praktik pendidikan, karakter-karakter sebut harus dipelajari dan pada gilirannnya diaksanakan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi pribadi muslim yang mulia.