Show simple item record

dc.contributor.advisorFithria Dyah Ayu Suryanegara
dc.contributor.authorDiah Intan Pertiwi
dc.date.accessioned2021-04-08T08:21:34Z
dc.date.available2021-04-08T08:21:34Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/28046
dc.description.abstractUpaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kesehatan masyarakat, salah satunya dengan program JKN yang dijalankan oleh BPJS kesehatan dan bekerja sama dengan seluruh fasilitas kesehatan di Indonesia. Puskesmas merupakan fasilitas kesehatan yang paling banyak digunakan dan beberapa pasien merasakan ketidakpuasan untuk pelayanan yang diberikan sehingga dapat mempengaruhi minat untuk menggunakan fasilitas kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat jalan peserta JKN terhadap pelayanan kefarmasian di Puskesmas Kotagede II dan Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta berdasarkan dimensi Servqual , mengetahui perbedaan tingkat kepuasan pasien serta mengetahui hubungan sosiodemografi terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Kotagede II dan Puskesmas Umbulharjo I. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional analitik dengan rancangan Cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sistematik random sampling dengan jumlah sampel 100 responden tiap puskesmas. Pengumpulan data berupa data kuantiatif dari kuisioner Servqual dan karakteristik sosiodemografi pasien. Analisis data menggunakan uji Chi Square, uji Spearman Rank Correlation, dan uji Mann Whitney Dimensi reliability di Puskesmas Kotagede II memiliki tingkat kepuasan tertinggi, yaitu 100% dan dimensi tangible di Puskesmas Umbulharjo I memiliki tingkat kepuasan tertinggi dengan nilai 96%. Dimensi tangible di Puskesmas Kotagede II memiliki tingkat kepuasan terendah, yaitu 96% dan dimensi empathy di Puskesmas Umbulharjo I memiliki tingkat kepuasan terendah yaitu 91%. Terdapat perbedaan bermakna antara Puskesmas Kotagede II dan Puskesmas Umbulharjo I, yaitu pada dimensi reliability, responsiveness dan empathy terhadap tingkat kepuasan pasien. Terdapat hubungan yang rendah antara usia dan frekuensi kunjungan terhadap tingkat kepuasan di pelayanan farmasi di Puskesmas Kotagede II dan Puskesmas Umbulharjo I.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectJKNen_US
dc.subjectpuskesmasen_US
dc.subjectkepuasan pasienen_US
dc.subjectservqualen_US
dc.titleAnalisis Tingkat Kepuasan Pasien Jkn Rawat Jalan Terhadap Pelayanan Farmasi Di Puskesmas Kotagede Ii Dan Puskesmas Umbulharjo I Yogyakarta Menggunakan Metode Servqualen_US
dc.Identifier.NIM12613217


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record