Profil Penerapan Standar Pelayanan Kefarmasian Dan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta
Abstract
Pelayanan kefarmasian di puskesmas merupakan satu kesatuan yang tidak
terpisahkan dari pelaksanaan upaya kesehatan, yang berperan penting dalam
meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan kepuasan pasien
merupakan pengukuran penting yang mendasar bagi mutu pelayanan sebuah
institusi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui profil penerapan standar pelayanan
kefarmasian di puskesmas dan tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Mergangsan
Yogyakarta. Penelitian merupakan penelitian analitik korelasi dengan pendekatan
cross sectional. Sampel kepuasan pasien adalah pasien rawat jalan yang mendapatkan
layanan kefarmasian di Puskesmas Mergangsan Yogyakarta yang memenuhi kriteria
inklusi. Pengambilan sampel berdasarkan teknik random sampling. Data yang
digunakan dalam penelitian merupakan data primer berupa jawaban apoteker dan
asisten apoteker serta pasien terhadap kuesioner yang dibagikan oleh peneliti. Uji
analisis menggunakan rumus distribusi frekuensi kumulatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan standar pelayanan kefarmasian di Puskesmas
Mergangsan termasuk dalam kategori baik dan tingkat kepuasan pasien rawat
jalan di Puskesmas Mergangsan termasuk dalam kategori sangat puas.
Collections
- Pharmacy [1444]