Hubungan Antara Perspektif Guru Dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Di SMK Negeri 2 Yogyakarta
Abstract
Judul penelitian ini adalah “Hubungan Antara Perspektif Guru Dan
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Di SMK Negeri 2 Yogyakarta”.
Tujuan penelitian ini adalah 1) menelaah perspektif guru di SMK Negeri 2
Yogyakarta, 2) menelaah Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK
Negeri 2 Yogyakarta, dan 3) menelaah hubungan Perspektif Guru terhadap
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Data
yang digunakan adalah data primer dengan 114 responden. Alat analisa data
menggunakan korelasi Spearmen.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa Perspektif Guru kategori baik,
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan kategori sangat baik sedangkan hasil
korelasi yang diperoleh adalah 0,605 atau 60,5%. Dengan tingkat signifikan
0,000 berarti ada hubungan yang signifikan antara Perspektif Guru terhadap
Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK Negeri 2 Yogyakarta.
Perspektif guru meningkat apabila pelaksanaan PKB mendukung pemenuhan
kebutuhan guru dan meningkatkan praktik profesional mereka. PKB juga
mempunyai arti bahwa setiap anggota asosiasi profesi, memelihara, memperbaiki,
memperluas pengetahuan dan keterampilan mereka serta mengembangkan
kualitas diri yang diperlukan dalam kehidupan profesionalnya. PKB mencakup
gagasan bahwa individu selalu berusaha meningkatkan keterampilan dan
pengetahuan profesional mereka di luar apa yang mereka dapatkan dalam
pelatihan yang mereka terima ketika awal melakukan pekerjaan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Perspektif Guru di SMK Negeri 2
Yogyakarta adalah baik, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK
Negeri 2 Yogyakarta sangat baik, Ada hubungan positif dan signifikan antara
Perspektif Guru terhadap Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan di SMK
Negeri 2 Yogyakarta.