PEMODELAN RANGKA MANUSIA BERBASIS 3D SEBAGAI ALAT BANTU AJAR KELAS 4 SD
Abstract
Rangka manusia adalah bagian dalam tubuh yang berfungsi sebagai
penopang tubuh dan pembentuk tubuh. Karena bagian penting dalam tubuh
manusia siswa-siswa sudah mulai mempelajarinya sejak kelas 4 SD. Pelajaran
IPA membahas mengenai rangka manusia yang tersusun oleh banyak tulang yang
berjumlah 206 tulang pada orang dewasa. Tulang-tulang ini dibagi menjadi 3
bagian rangka berdasarkan letak dan fungsinya, rangka bagian tengkorak, rangka
bagian badan dan rangka bagian anggota gerak. Jumlah tulang yang banyak
menyulitkan siswa dalam mempelajarinya yang hanya dilihat di dalam buku saja,
sehingga minat siswa berkurang. Walaupun terdapat model rangka manusia di
sekolah, siswa akan sulit mempelajarinya ketika diluar kelas.
Pemodelan rangka manusia dalam bentuk 3D dapat dijadikan salah satu
alat bantu ajar dalam penyampaian materi kepada para siswa. Adanya model
rangka manusia 3D siswa tidak hanya dapat belajar di dalam kelas tapi juga di
luar kelas.Sehingga siswa lebih tertarik mempelajarirangka manusia. Maka
dibuatlah aplikasi pemodelan rangka manusia berbasis 3D sebagai alat bantu ajar
kelas 4 SD, untuk menarik minat dan membantu para siswa untuk cepat
memahamipelajaran rangka manusia.. Aplikasi pemodelan rangka manusia juga
dapat dijadikan media untuk guru dalam penyampaian pelajaran rangka manusia.
Perancangan aplikasi menggunakan metode ADDIE, kemudian untuk pengujian
aplikasi menyebarkan kuesioner kepada para siswa dan guru. Perancangan
kuesioner berdasarkan metode Jakob Nielsen. Hasil yang diperoleh untukaplikasi
pemodelan rangka manusia berbasis 3D sebagai alat bantu ajar kelas 4 SD adalah
aplikasi ini dapat menarik minat siswa dan membantu siswa untuk cepat
memahami materi rangka manusia, serta aplikasi ini dapat dijadikan media
penyampaian materi rangka manusia.
Collections
- Informatics Engineering [2143]