Show simple item record

dc.contributor.advisorSri Kusumadewi
dc.contributor.authorAbdul Ghoni Ikhwanuddin
dc.date.accessioned2021-03-09T08:27:13Z
dc.date.available2021-03-09T08:27:13Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/27530
dc.description.abstractRanah akademik merupakan ruang lingkup proses pembelajaran dimana terdapat peserta didik dan pendidik di dalamnya, pada proses pembelajaran pasti terdapat situasi dimana seorang peserta didik berada dalam situasi yang penuh akan pertimbangan sehingga memerlukan adanya pengambilan keputusan terkait berbagai hal yang cukup beragam, disamping itu banyak peserta didik yang kurang mengenal dirinya sendiri sehingga acap kali salah dalam menentukan langkah kedepan. Untuk menghindari hal tersebut perlu adanya pengenalan diri lebih lanjut dengan cara mengetahui tipe kepribadian. Dalam mengetahui tipe kepribadian maka perlu dilakukannya sebuah tes psikologi guna mengukurnya. Salah satu tes psikologi yang sudah teruji dan memiliki tingkat keakuratan tinggi dalam menentukan tipe kepribadian adalah tes kepribadian dengan menggunakan metode MBTI. MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator merupakan intsrumen psikotes yang dirancang untuk mengukur preferensi psikologis seseorang dalam melihat perspektif kedepan dan membuat sebuah keputusan. Penggunaan instrumen psikotes MBTI ini sebelumnya masih dilakukan dengan cara manual, yaitu dosen pembimbing akademik menyebar angket kuisioner kepada mahasiswa untuk dikerjakan guna mengetahui hasil tipe kepribadiannya, seiring dengan berkembangnya era teknologi, maka pemanfaatan psikotes tipe kepribadian MBTI dengan cara manual dirasa kurang efesien sehingga diterapkanlah aplikasi psikotes tipe kepribadian MBTI dengan berbasis Computer Based Testing atau CBT untuk memudahkan mahasiswa dalam mengerjakan psikotes tipe kepribadian dan memudahkan dosen pembimbing akademik dalam melihat hasil tipe kepribadian dari mahasiswa bimbingannya tanpa harus menyebar angket kuisioner. Dengan diterapkannya aplikasi psikotes MBTI berbasis Computer Based Testing ini, hasil tipe kepribadian mahasiswa dapat diketahui secara langsung secara otomatis karena telah terkomputerasisasi tanpa harus menghitungnya secara manual. Dalam proses perancangan dan pembuatan aplikasi ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak secara Waterfall yaitu model klasik yang bersifat sistematis dalam membangun system. Tahapan ini dimulai dari analisis, perancangan, implementasi, dan tahapan uji. Analisis dilakukan dengan cara wawancara terhadap narasumber terkait dan mengumpulkan studi literatur, kemudian membuat perancangan dengan menggunakan notasi perancangan berupa UML (Unified Modeling Language), implementasi pembuatan sistem menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan MySQL sebagai perangkat lunak manajemen database, dan terakhir pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode Black Box Testing, User Acceptance Test dan uji validitas kesesuaian aplikasi bersama pakar terkait di bidangnya. Berdasarkan hasil pengujian, menunjukkan bahwa aplikasi ini dapat membantu dan mempermudah mahasiswa dalam mengetahui tipe kepribadiannya serta memberikan kemudahan bagi DPA dalam mengetahui tipe kepribadian mahasiswa sehingga dapat memberikan saran pengembangannya, berdasarkan uji validitas dengan pakar psikologi menyatakan bahwa aplikasi ini dinyatakan valid.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectMBTIen_US
dc.subjectMyers-Briggs Type Indicatoren_US
dc.subjectComputer Based Testingen_US
dc.titleAPLIKASI PENGENALAN TIPE KEPRIBADIAN DENGAN METODE MBTI (MYERS – BRIGGS TYPE INDICATOR) BERBASIS COMPUTER BASED TESTINGen_US
dc.Identifier.NIM12523176


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record