ANALISIS TINGKAT KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DENGAN PENDEKATAN METODE SERVQUAL DAN IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (Studi Kasus Pada Restoran Kepiting Dandito Balikpapan)
Abstract
Restoran adalah suatu operasi layanan makanan yang mendatangkan keuntungan yang
mana basis utamanya termasuk di dalamnya adalah penjualan makanan atau minuman
kepada individu-individu dan tamu-tamu dalam kelompok kecil. Restoran memiliki
keunikan masing-masing guna meningkatkan daya tarik pelanggannya berupa jenisjenis
makanan yang enak dan lezat yang ditawarkan, tempat yang memiliki desain unik
serta pelayanannya yang baik. Penelitian ini dilakukan di Restoran Kepiting Dandito di
Balikpapan. Restoran Kepiting Dandito didirikan oleh Bapak Rudy Setiawan pada
tahun 2001 yang berlokasi di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur, tepatnya berada di
Jalan Marsma Iswahyudi No.71, Sungai Nangka, Balikpapan Selatan. Pada penelitian
ini akan mencoba mengetahui tingkat kepuasan pelanggan terhadap kualitas pelayanan
pada Restoran Kepiting Dandito. Terdapat 29 atribut dalam penelitian ini, kemudian
melalui kuesioner dengan menggunakan metode Sevqual untuk mengetahui nilai gap
terbesar dalam atribut kemudian diintregasikan dengan metode IPA untuk melihat
tingkat kepentingan pada tiap dimensi dan atribut. Atribut yang harus ditingkatkan
adalah ketersediaan lahan parkir yang cukup, kejelasan informasi di buku menu,
kecepatan waktu penyajian yang sesuai, kemudahan dalam melakukan pemesanan
melalui telepon, ketepatatan karyawan dalam memberikan informasi menu, dan
kesediaan karyawan dalam mendampingi pelanggan dalam memilih menu. Hasil
penelitian berupa saran atau usulan terhadap atribut-atribut yang diprioritaskan untuk
ditingkatkan.
Collections
- Industrial Engineering [2224]