Show simple item record

dc.contributor.advisordr. H. P. Lutfi Ghazalli M.Kes
dc.contributor.authorPricilia, Raden Mattaher Jambi Rossy
dc.date.accessioned2021-03-04T00:21:54Z
dc.date.available2021-03-04T00:21:54Z
dc.date.issued2014-01-06
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/27416
dc.description.abstractAspek sangat penting dalam kehidupan manusia adalah kesehatan sehingga setiap orang melakukan berbagai cara untuk memperoleh kesehatan yang prima. Keberadaan rumah sakit umum daerah (RSUD) masih sering menjadi sorotan masyarakat dengan berbagai keluhan dan penilaian pasien. Setiap kemampuan jenis pelayanan kesehatan rumah sakit diukur dengan tingkat kepuasan pasien. RSUD. Raden Mattaher merupakan rumah sakit satu-satunya milik pemerintah yang berlokasi di kotamadya Jambi dan tidak memiliki poli lansia. Tujuan. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran kepuasan pasien usia lanjut terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diberikan di RSUD. Raden Mattaher,Jambi. Metode. Jenis penelitian ini adalah deskriptif-kuantitatif dengan pendekatan studi cross sectional. Metode sampel yang digunakan adalah metode total sampling. Data yang digunakan merupakan data kuantitatif-analitik yang diperoleh dari kuesioner kepada pasien usia lanjut yang telah mengunjungi RSUD. Raden Mattaher, Jambi sejak bulan agustus sampai dengan bulan september tahun 2013. Sedangkan untuk analisis datanya menggunakan uji Correlation.Hasil. Penelitian ini menunjukkan pasien terbanyak yang mengunjungi poli jantung, poli penyakit dalam serta poli saraf dan rawat inap pada ruang paviliun dan kelas III adalah berjenis kelamin laki-laki dengan tingkat persentase 80,6%, usia 60-74 tahun 75,6%, tingkat pendidikan lulus SLTA 85,6%, tingkat pekerjaan wiraswasta 53,8%, jarak RS dengan rumah responden (km) >10 km 56,9%, pendapatan keluarga per bulan >2 juta 69,4%. Dari hasil pengamatan hubungan mutu pelayanan kesehatan terdapat hasil baik dengan tingkat persentase 60% dan hasil pengamatan kepuasan dengan hasil puas 61,2%. Hasil uji penelitian didapatkan Pearson’s R adalah +0,299 dan Spearman Correlation bernilai +0,309. Kesimpulan. Dapat disimpulkan dari data penelitian diperoleh adanya hubungan antara mutu pelayanan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan RSUD. Raden Mattaher, Jambi dengan kepuasan responden yaitu usia lanjut.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subject– Pasien usia lanjuten_US
dc.subjectKepuasanen_US
dc.subjectMutu pelayanan kesehatanen_US
dc.titleAnalisis Mutu Pelayanan Kesehatan Dan Kepuasan Pasien Usila ( Usia Lanjut ) Di RSUDen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM10711139


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record