Model Rekayasa Ulang Proses Bisnis Pada Perusahaan Tatonas Manufaktur (Marketing, Logistics, Finance)
Abstract
Rekayasa Ulang Proses Bisnis adalah suatu proses merancang ulang proses bisnis untuk memperbaiki kinerja. Business Process Reengineering yang bisa diaplikasikan untuk membantu memperbaiki usaha kecil maupun menengah. Perusahaan Manufaktur “TATONAS” adalah merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan peralatan Uji Tanah, Beton, Aspal, Hidrologi, dan Meterologi. Struktur organisasinya terdiri dari pimpinan dan beberapa bagian. Bagian- bagian itu di antaranya bagian produksi, bagian logistik, bagian keuangan, dan bagian pemasaran dengan masing-masing bagian terdiri dari beberapa pekerja. Peralatan yang dipesan oleh pelanggan lalu dipersiapkan bahan bakunya guna dilakukan produksi sesuai permintaan. Target pasar produk "Tatonas" adalah perguruan tinggi, instansi swasta, instansi pemerintahan dan personal. Masalah yang terjadi adalah pada manajemen operasional, banyaknya proses yang tidak terkontrol, dokumentasi yang berantakan, pencatatan yang masih secara manual, data yang tidak terintegrasi serta budaya persuahaan masih primitif. Tujuan penggunakan metode konsep Business Process Reengineering ini adalah sistem pengolahan akan lebih terkomputerisasi demi penyajian informasi yang lebih cepat, akurat, efektif dan efisien, serta perbaikan dalam sistem manajemen operasional sebagai upaya dalam bertahan dan berkembang di antara pesaing lain. Yang tentunya untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta kualitas produk yang dihasilkan, meningkatkan kepuasan pemasok atau rekanan guna effisiensi biaya serta meningkatkan kesejahteraan dan kepuasaan pegawai. Hasil dari rekayasa ulang proses bisnis berupa kepuasan pelanggan, kepuasan pegawai dan kepuasan pemasok (3P) dan data yang terdokumentasi dengan baik dan terarah.