Persepsi Konsumen Terhadap Pelayanan Asuhan Kefarmasian Di Apotek Wilayah Kecamatan Mergangsan Kotamadya Jogjakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi konsumen clan kesesuaian antara harapan konsumen serta kinerja pelayanan asuhan kefarmasian oleh apotek apotek di Kecamatan Mergangsan, Kodya Jogjakarta, sehingga dapat menjadi masukan bagi usaha peningkatan kualitas pelayanan kefarmasian. Data penelitian ini diperoleh dari responden konsumen apotek-apotek dengan menggunakan kuisioner dan didampingi oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode pengambilan sampel dengan cara accidental sampling. Data-data yang diperoleh dari kuisoner, baik yang berupa karakteristik responden maupun yang persepsi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan persentase untuk mengetahui keberadaannya dalam populasi. Keseluruhan proses perhitungan statistika dilakukan dengan program SPSS (Statistical Product and Service Solution, for Windows ver. 11). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persepsi konsumen terhadap pelayanan asuhan kefarrnasian apotek di wilayah Kecamatan Mergangsan Kotamadya Jogjakarta sudah baik, dimana total persepsinya adalah 92% dan (2) tingkat kesesuaian antara harapan dengan kinerja Farmasis di apotek wilayah Kecamatan Mergangsan Kotamadya Jogjakarta terhadap pelayanan asuhan kefarmasian di apotek sudah berjalan baik yang mencapai 82,7%.
Collections
- Pharmacy [1444]