Pengaruh Iklan Di Televisi Terhadap Minat Membeli Oleh Konsumen : Suatu Studi Untuk Sepeda Motor Yamaha
Abstract
Kegiatan promosi yang paling efektif dewasa ini adalah memperkenalkan produk
melalui jasa periklanan. Melalui kegiatan periklanan diharapkan konsumen mengenai
karakteristik produk yang ditawarkan sepeda motor tersebut, serta memahami fungsi serta
keunggulannya, selanjutnya menjadi yakin akan keuntungan dari memiliki sepeda motor
tersebut.
Berdasarkan latar belakang masalah diatas, maka penulis merumuskan yang
menjadi pokok permasalahannya yaitu apakah atribut- atribut dari iklan yang meliputi
tata suara, model, dialog, dan tampilan gambar berpengaruh secara signifikan terhadap
minat membeli sepeda motor Yamaha oleh konsumen, dan atribut apakah yang paling
dominan dari iklan tersebut yang mempengaruhi minat konsumen.
Lokasi tempat penelitian dilakukan di Kecamatan Ngempalak,Sleman
Yogyakarta, dengan menggunakan 100 sampel, yang menjadi variabel Dependen yaitu
minat membeli oleh konsumen dan variabel Independen yaitu variabel tata suara, model,
dialog, dan tampilan gambar. Untuk mengetahui perilaku konsumen diukur secara
langsung yaitu dengan menanyakan kepada responden seberapa besar pengaruh iklan
terhadap minat konsumen dalam membeli sepeda motor Yamaha.
Alat analisis yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner, yaitu
merupakan pertanyaan tertulis yang akan dijawab oleh responden untuk mengetahui
penilaian konsumen mengenai pengaruh iklan terhadap minat konsumen dalam membeli
sepeda motor Yamaha. Alat analisis yang digunakan adalah metode analisis Regresi
Linear Berganda.
Dalam analisis data yang dilakukan peneliti diperoleh hasil bahwa dari keempat
variabel iklan televisi, yang terdiri dari tata suara, model, dialog, dan tampilan gambar,
yang berpengaruh secara signifikan dan dominan terhadap minat membeli sepeda motor
Yamaha oleh konsumen adalah variabel model.
Collections
- Management [4527]