Analisis Faktor pada Atribut-Atribut Produk Shampoo dan Pengaruhnya Bagi Kepuasan Konsumen
Abstract
Penelitian yang dilakukan terhadap mahasiswa Universitas Islam
Indonesia Jogjakarta ini bertujuan untuk melihat atribut-atributprodukshampoo
apa saja yang dianggap penting atau tidak penting oleh konsumen (mahasiswa
UII), dan mengidentiflkasikan faktor-faktor yang mendominasi atribut-atribut
produkshampoo, dan melihat sejauhmanakepuasan konsumen terhadap atributatribut
produk shampoo. Pengumpulan data diperoleh dengan cara menyebar
kuesioner yang telah valid dan reliabel, kepada Mahasiswa Universitas Islam
Indomesia Jogjakarta khususnya fakultas FMIPA, F Psikologi, FTSP, FTI.
Diperoleh hasil bahwa atribut-atribut produk shampoo yang dianggap penting
adalah variabel "Harum", "Ketombe", "lembut","Kilau", "Rontok", "Isi",
"Minyak" dan " Kondisi". Sedangkan atribut-atribut produk shampoo yang
dianggap tidak penting adalah "Mencegah mata pedih: dan "Kemasan".
Melalui Analisis Faktor, disimpulkan bahwa ada enam faktoryang Mendominasi
atau menjadi titikpokok atribut-atributprodukshampoo. Keenamfaktor tersebut
menjelaskan 51.722% dari variansi total. Berdasarkan metode gap terdapat
perbedaanpositifyang berarti kepuasan Konsuen (Mahasiswa UII) kurang dari
pengharapannya akan atribut-atribut produk shampoo, yaitu atribut "Cocok
Untuk Kondisi rambut ", " Melembutkan rambut", "Mencgah rambut
berminyak", "Tampak berkilau", "Vitamin". "Keharuman", "Isi", "Natural",
"Mencegahketombe", "banyak busa", "Mudah dibilas"'.
Collections
- Statistics [899]