Persepsi Masyarakat Sleman Terhadap Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Dalam Pemilihan Apotek
Abstract
Persepsi masyarakat terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi
dalam pemilihan apotek ini penting artinya karena masyarakat merupakan sasaran
dari pelayanan apotek. Banyaknya jumlah apotek akan membenkan kebebasan
kepada masyarakat untuk memilih apotek. Penelitian ini dilakukan terhadap
masyarakat pengunjung apotek di wilayah Kabupaten Sleman. Hal ini bertujuan
untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap fungsi pelayanan apotek,
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi pengunjung apotek dan
mengetahui aspek-aspek yang dipertimbangkan pengunjung apotek terhadap
pemilihanapotek.
Alat yang digunakan dalam pemilihan ini adalah kuesioner yang dibagikan
kepada para pengujung apotek di Kabupaten Sleman. Pengambilan sampel apotek
diambil dengan menggunakan teknik equal sampling dan jumlah sampel untuk
setiap daerah digunakan metode proporsional sampling. Data yang diperoleh
kemudian dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan Masyarakat Sleman
terhadap fungsi pelayanan apotek telah dipersepsikan secara baik. Faktor-faktor
yang sebagian besar memotivasi pengunjung apotek terhadap pemilihan apotek
adalah faktor keramahan dan kesopanan pelayanan sebanyak 73,3 %, kemampuan
petugas apotek dalam memotivasi pasiennya sebanyak 60,0 %, pelayanannya
cepat dan harganya terjangkau sebanyak 56,7 %. Sedangkan untuk aspek-aspek
yang sebagian besar dipertimbangkan pengunjung apotek adalah letaknya yang
strategis dengan rata-rata ranknya sebanyak 68,7, keramahan dan kesopanan
pelayanan sebanyak 70,63, harganya terjangkau sebanyak 31,07, kemampuan
memotivasi sebanyak 52,18, apotek dengan jasa telepon sebanyak 52 50
pelayanan kesehatan sebanyak 51,08, penyediaan alat kesehatan sebanyak 62,57
dan informasi tempat rata-rata ranknya sebanyak 69,52.
Collections
- Pharmacy [1444]