dc.description.abstract | Saat ini pertumbuhan toko-toko retail di Indonesia sangat pesat dikarenakan
kebutuhan masyarakat akan konsumsi sangat tinggi. Budaya masyarakat yang
cenderung konsumtif mengakibatkan. kesempatan bersaing bagi toko-toko swalayan
untuk merebut hati konsumen. Toko-toko yang dapat mengetahui keinginan
konsumen akan dapat memenangkan kompetisi di duniaretail.
Banyak faktor berpengaruh pada penjualan produk, apabila konsumen tidak
memiliki motivasi untuk membeli produk, maka produk itu tidak akan dibelinya.
Motivasi konsumen harus dapat diketahui para pemilik toko agar dapat meningkatkan
keuntungan usaha dengan cara menarik konsumen yang potensial khususnya di
Yogyakarta. Disamping itu, dengan mengetahui motivasi konsumen membeli produk,
pemilik toko dapat mengetahui kebiasaan konsumen, sehingga pihak toko dapat
memberikan pelayanan sesuai kebutuhan konsumen. Di daerah strategis dan
berdekatan dengan pemukiman penduduk pengusaha harus cermat dalam mengetahui
keinginan konsumen seperti di Markaz Mini Market.
Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut dapat dilihat bahwa
motivasi konsumen mempunyai peran yang dominan bagi pemenuhan konsumen akan
suatu produk maupun jasa, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui motivasi
konsumen berbelanja di Markaz Mini Market Mlati Yogyakarta. Selain itu, penulis
ingin memberikan kontribusi yang mungkin dapat membantu Markaz Mini Market
dalam menganalisis motivasi yang mendasari konsumen berbelanja di Markaz Mini
Market, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Oleh
karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Perbedaan Motivasi
KonsumenBerbelanja di MarkazMiniMarket Mlati Yogyakarta.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode interview (wawancara),
survey dengan menggunakan kuesioner dan observasi dengan mengambil 100
responden. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas serta anova.
Penelitian ini ditinjau dari atribut motivasi konsumen yang terdiri dari produk, harga,
lokasi, pelayanan, fasilitas, kenyamanan dan keamanan, danpenataan barang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang paling tinggi dalam
mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di Markaz Mini Market adalah atribut
lokasi yang menempati urutan pertama, secara berturut-turut diikuti atribut harga,
atribut penataan barang, atribut fasilitas, atribut pelayanan, atribut kenyamanan dan
keamanan, dan yang terakhir atribut produk. | en_US |