Show simple item record

dc.contributor.advisorSumadi
dc.contributor.authorR. Dana Arif Rakhman Hakim
dc.date.accessioned2020-12-11T03:17:51Z
dc.date.available2020-12-11T03:17:51Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25799
dc.description.abstractSaat ini pertumbuhan toko-toko retail di Indonesia sangat pesat dikarenakan kebutuhan masyarakat akan konsumsi sangat tinggi. Budaya masyarakat yang cenderung konsumtif mengakibatkan. kesempatan bersaing bagi toko-toko swalayan untuk merebut hati konsumen. Toko-toko yang dapat mengetahui keinginan konsumen akan dapat memenangkan kompetisi di duniaretail. Banyak faktor berpengaruh pada penjualan produk, apabila konsumen tidak memiliki motivasi untuk membeli produk, maka produk itu tidak akan dibelinya. Motivasi konsumen harus dapat diketahui para pemilik toko agar dapat meningkatkan keuntungan usaha dengan cara menarik konsumen yang potensial khususnya di Yogyakarta. Disamping itu, dengan mengetahui motivasi konsumen membeli produk, pemilik toko dapat mengetahui kebiasaan konsumen, sehingga pihak toko dapat memberikan pelayanan sesuai kebutuhan konsumen. Di daerah strategis dan berdekatan dengan pemukiman penduduk pengusaha harus cermat dalam mengetahui keinginan konsumen seperti di Markaz Mini Market. Berdasarkan latar belakang yang telah dipaparkan tersebut dapat dilihat bahwa motivasi konsumen mempunyai peran yang dominan bagi pemenuhan konsumen akan suatu produk maupun jasa, sehingga penulis tertarik untuk mengetahui motivasi konsumen berbelanja di Markaz Mini Market Mlati Yogyakarta. Selain itu, penulis ingin memberikan kontribusi yang mungkin dapat membantu Markaz Mini Market dalam menganalisis motivasi yang mendasari konsumen berbelanja di Markaz Mini Market, sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan pangsa pasar. Oleh karena itu, penulis tertarik melakukan penelitian dengan judul Perbedaan Motivasi KonsumenBerbelanja di MarkazMiniMarket Mlati Yogyakarta. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode interview (wawancara), survey dengan menggunakan kuesioner dan observasi dengan mengambil 100 responden. Alat analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas serta anova. Penelitian ini ditinjau dari atribut motivasi konsumen yang terdiri dari produk, harga, lokasi, pelayanan, fasilitas, kenyamanan dan keamanan, danpenataan barang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi yang paling tinggi dalam mempengaruhi konsumen untuk berbelanja di Markaz Mini Market adalah atribut lokasi yang menempati urutan pertama, secara berturut-turut diikuti atribut harga, atribut penataan barang, atribut fasilitas, atribut pelayanan, atribut kenyamanan dan keamanan, dan yang terakhir atribut produk.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPerbedaan Motivasi Konsumenen_US
dc.subjectBerbelanja di Markaz Mini Market Mlati Yogyakartaen_US
dc.titlePerbedaan Motivasi Konsumen Berbelanja di Markaz Mini Market Mlati Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM02311087


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record