Pola Diagnosis Tuberkulosis Paru Anak Di RSUD Blambangan Banyuwangi Dibandingkan Dengan Sistem Skoring IDAI Periode Januari 2012 – Desember 2012
Abstract
Tuberkulosis merupakan masalah kesehatan masyarakat yang
masih penting sampai saat ini. Berbeda dengan tuberkulosis pada dewasa, gejala
tuberkulosis pada anak seringkali tidak khas. Karena sulitnya mendiagnosis
tuberkulosis pada anak, sering terjadi overdiagnosis yang diikuti overtreatment.
Sistem skor (scoring system), adalah pembobotan terhadap gejala atau tanda klinis
yang dijumpai. Sistem skor ini diciptakan oleh beberapa Pakar untuk
memudahkan para dokter maupun tenaga medis lainnya dalam mendiagnosis
penyakit TB pada anak.
Tujuan: Mengetahui apakah pola diagnostik TB paru anak di RSUD Blambangan
Banyuwangi sudah sesuai dengan sistem skoring IDAI.
Metode: Penelitian observasional, secara deskriptif retrospektif, dengan rancang
bangun cross – sectional yang dilakukan di poliklinik anak RSUD Blambangan
Banyuwangi. Data yang diperoleh berupa data sekunder dari rekam medis pasien
anak RSUD Blambangan Banyuwangi periode Januari 2012 – Desember 2012.
Sebanyak 111 pasien anak yang didiagnosis TB paru oleh dokter di bagian
poliklinik anak RSUD Blambangan Banyuwangi, berusia 0 – 15 tahun, dan
memiliki data rekam medis lengkap sesuai dengan komponen sistem skoring IDAI
kecuali parameter uji tuberkulin. Data diolah dengan menggunakan analisis
univariat menggunakan software SPSS 17 for windows.
Hasil: Dari 111 pasien anak didapatkan 31 pasien (27.9 %) yang memiliki skor ≥
6 pada penilaian dengan sistem skoring IDAI dan yang memiliki skor < 6
sebanyak 80 pasien (72.1 %). Sebanyak 57 pasien (51.4%) berjenis kelamin laki –
laki dan 54 pasien (48.6 %) berjenis kelamin perempuan. Sebagian besar pasien
berada pada rentang usia 0 – 5 tahun (60.4%). Sisanya rentang usia 6 – 10 tahun
sebesar 30.6% dan 11 – 15 tahun sebesar 9%.
Simpulan: Terdapat overdiagnosis dalam penegakan diagnosis pasti TB paru
anak di RSUD Blambangan Banyuwangi pada periode Januari 2012 – Desember
2012.
Collections
- Medical Education [2281]