Hubungan Kecemasan Komunikasi Dengan Keaktifan Dalam Diskusi Tutorial Mahasiswa FK UII Angkatan 2009
Abstract
Salah satu hambatan dalam pelaksanaan diskusi kelompok kecil
(tutorial) adalah keengganan mahasiswa untuk berpartisipasi dalam diskusi dan
dominasi salah satu anggota diskusi. Adanya hambatan psikis dalam melakukan
pembicaraan dapat mempengaruhi keinginan seseorang untuk berkomunikasi.
Kecemasan dapat menjadi salah satu penghalang terbesar dalam komunikasi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara
kecemasan komunikasi dalam diskusi tutorial dengan keaktifan dalam diskusi
tutorial.
Metode : Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan
rancangan cross sectional. Tempat penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas
Islam Indonesia dengan jumlah responden 77 orang. Analisis hubungan antara
kecemasan komunikasi dengan keaktifan menggunakan teknik Korelasi Spearman’s
rho.
Hasil : Tujuh puluh lima responden dikategorikan dalam kategori sangat
aktif(44,0%), aktif (53,3%), tidak aktif (2,7%). Dan tingkat kecemasan komunikasi
mahasiswa dengan kategori rendah (13,3%) dan tidak cemas (86.7%). Hasil korelasi
spearman’s rho hubungan kecemasan komunikasi dalam diskusi kecil tutorial dengan
keaktifan adalah r s = -0,131 (p < 0,05).
Kesimpulan : Kecemasan komunikasi yang dimiliki mahasiswa sebagian besar
termasuk dalam kategori tidak cemas. Sedangkan keaktifan mahasiswa dalam diskusi
tutorial sebagian besar termasuk dalam kategori sangat aktif dan aktif. Terdapat
hubungan yang lemah antara kecemasan komunikasi dengan keaktifan dalam diskusi
tutorial.
Collections
- Medical Education [2284]