dc.description.abstract | Dengan semakin berkembangnya teknologi saat ini, semakin beraneka
ragam pula cara untuk mendapatkan hiburan dan edukasi. Tidak hanya melalui
pendidikan formal di sekolah, saat ini sudah banyak sekali media untuk
menyampaikan edukasi yang salah satunya adalah dengan menggunakan game.
Dengan demikian diharapkan aplikasi game ini dapat menghibur pemain sekaligus
memberikan edukasi. Selain untuk mengimplementasikan pemanfaatan
ActionScript, penelitian ini juga mempunyai tujuan untuk menyediakan media
edukasi yang dirancang dalam sebuah aplikasi permainan agar pemain tidak hanya
sekedar bermain game, namun juga mendapatkan edukasi khususnya tentang
pemilahan sampah.
Untuk dapat melakukan penilitian ini, penulis menggunakan dua
metodologi yaitu metode pengumpulan data dan metode pengembangan sistem.
Untuk metode pengumpulan data peneliti menggunakan metode studi pustaka
yaitu dengan mempelajari berbagai sumber yang berhubungan dengan penelitian.
Sedangakan untu metode pengembangan sistem terdapat langkah-langkah yang
dilakukan peneliti yaitu analisis kebutuhan input, analisis kebutuhan output,
analisis kebutuhan proses, dan analisis kebutuhan perangkat keras.
Setelah melalui tahap-tahap tersebut, dengan mengucap Alhamdulillah
penulis berhasil menyelesaikan penelitian Aplikasi Game Edukasi Memilah
Sampah. Namun demikian aplikasi tersebut masih memiliki kekurangan terutama
pada pada tampilan dan performa aplikasi sehingga terbuka kesempatan kepada
siapapun untuk melakukan pengembangan aplikasi menjadi lebih baik. | en_US |