Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia Tentang Muatan Lokal Perspektif Islam Kedokteran Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi
Abstract
Perspektif Islam Kedokteran adalah salah satu muatan lokal
yang terdapat di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) yang
diberikan kepada mahasiswa FK UII untuk membekali informasi dan memberikan
pendalaman ilmu tentang hukum dalam berbagai tindakan medis yang
berhubungan dengan dunia kedokteran yang dipandang dari segi perspektif islam.
Terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi proses pembelajaran dan
pengajaran yang diberikan. Masalah yang timbul dari berbagai komponen di
dalamnya dapat menjadi penghambat dalam pencapaian kompetensi institusional
dan tujuan diterapkannya kuliah muatan lokal Perspektif Islam Kedokteran.
Tujuan: (1) Untuk mengetahui persepsi mahasiswa FK UII terhadap manfaat
muatan lokal Perspektif Islam Kedokteran dalam Kurikulum Berbasis
Kompetensi, (2) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kehadiran
dan keaktifan mahasiswa FK UII di dalam kuliah pakar Perspektif Islam
Kedokteran, dan (3) Untuk mengetahui pendapat mahasiswa tentang kualitas
pelaksanaan dan sistem pembelajaran kuliah muatan lokal Perspektif Islam
Kedokteran.
Metode : Metode penelitian yang digunakan adaah kualitatif. Pengambilan data
dilakukan dengan wawancara mendalam terhadap setiap subyek penelitian dengan
bentuk wawancara semiterstruktur. Subjek penelitian sebanyak 12 mahasiswa
terdiri dari 3 orang pada masing-masing angkatan yaitu angkatan 2007, 2008,
2009, dan 2010. Pengambilan sampel berdasarkan criterion sampling dengan
menggunakan IPK ≥ 3.51, 2.76-5.50, dan 2.00-2.75. teknik analisis yang
digunakan adalah metode perbandingan tetap yang terdiri dari reduksi data,
kategorisasi data, sintesisasi, dan menyusun hipotesis kerja.
Hasil : Perspektif Islam kedokteran merupakan kuliah tambahan yang terdapat di
FK UII yang membahas tentang masalah kedokteran yang masih kontroversi dan
berkaitan dengan islam. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi kehadiran
dan keaktifan mahasiswa. Faktor dosen, materi, faktor mahasiswa, faktor sistem
perkuliahan. Responden juga memberikan pendapat seputar manfaat kuliah
Perspektif Islam Kedokteran dan harapan impelentasi pelaksanaannya di FK UII.
Kesimpulan : Mahasiswa menyatakan bahwa faktor dosen, materi, mahasiswa,
dan sistem perkuliahan mempengaruhi kehadiran dan keaktifan mahasiswa FK
UII dalam kuliah Perspektif Islam Kedokteran.
Collections
- Medical Education [2279]