Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan Memori Iklan terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Beli Ulang Pond's Shake and Clean di Kabupaten Sleman, Yogyakarta
Abstract
Skripsi ini mengangkat judul "Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan dan
Memori Iklan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Minat Beli Ulang Pond's
Shake and Clean Di Kabupaten Sleman, Yogyakarta". Secara garis besar
membahas mengenai pengaruh kegunaan produk, atribut produk, nilai
pelanggan, memori iklan dan kepuasan pelanggan terhadap minat beli ulang
produk Pond's Shake and Clean.
Dalam pengambilan sampelnya, penelitian ini menggunakan teknik area
random sampling dan accidental sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 96
responden. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuisioner.
Variabel penelitiannya adalah kegunaan produk, atribut produk, nilai
pelanggan, memori iklan, kepuasan pelanggan dan minat beli ulang.
Metode pengolahan data dan analisis menggunakan analisis regresi
berganda, analisis determinasi berganda dan analisis determinasi parsial serta
uji asumsi klasik yang terdiri dari multikolinieritas, autokorelasi,
heterokedastisitas, dan uji normalitas data. Uji ini digunakan agar model regresi
yang dihasilkan tidak bias. Pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji T
dengan taraf Sig 5%. Sedangkan untuk mengukur validitas dan reliabilitas alat
ukur yang mana dalam penelitian ini menggunakan kuisioner, maka rumus
Product Moment dan Croncbach Alpha menjadi pilihan. Dan selanjutnya untuk
menguji hasil penelitian mengguanakan alat bantu, yaitu SPSS for Windows
Release 11.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, variabel kegunaan produk dan
atribut produk berpengaruh signifikan positif terhadap nilai pelanggan. Nilai
pelanggan dan memori iklan juga secara bersama-sama berpengaruh positif
terhadap kepuasan pelanggan, sedang kepuasan pelanggan secara individu
mampu menjelaskan 6,1% varibel minat beli ulang.
Collections
- Management [4527]