Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Pembelian Impulsif Produk Fashion Pada Mahasiswi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kontrol diri dan pembelian impulsif produk fashion pada mahasiswi. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia dengan rentang usia sekitar 19 hingga 22 tahun, yang berjumlah 100 orang. Penelitian ini menggunakan kuantitatif untuk menghubungkan dua variabel. Hipotesis dari penelitian ini adalah adanya hubungan negatif antara kontrol diri dan pembelian impulsif pada mahasiswi. Skala yang digunakan adalah skala pembelian impulsif yang mengacu pada aspek yang dikemukakan Rook’s dan skala kontrol diri yang mengacu pada aspek yang dikemukakan Haws, Bearden, dan Nenkov (2011). Analisa data yang digunakan adalah analisa korelasi product moment dari Pearson. Hasil yang diperoleh yaitu terdapat korelasi yang negatif antara kontrol diri dengan pembelian impulsif (r = -0,457; p = 0,000). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah terdapat hubungan negatif yang sangat signifikan antara kontrol diri dan pembelian impulsif produk fashion pada mahasiswi. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2173]