Show simple item record

dc.contributor.advisorAmrizal Rustam
dc.contributor.advisorMira Aliza
dc.contributor.authorFarkhan Hasani
dc.date.accessioned2020-11-16T06:25:14Z
dc.date.available2020-11-16T06:25:14Z
dc.date.issued2004
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25177
dc.description.abstractPeniltian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara persepsi siswa terhadap guru konselor sekolah dengan minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling sekolah di MTs Negeri II Yogyakarta. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan positif antara persepsi siswa ierhadap guru konselor sekolah dengan minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling sekolah. Semakin positif persepsi siswa terhadap guru konselor sekolah, maka akan semakin tinggi minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling sekolah. Sebaliknya semakin negatif persepsi siwa terhadap guru konselor sekolah, maka semakin rendah minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling sekolah. Variabel bebas adalah persepsi siswa terhadap guru konselor sekolah, variabel tergantung minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling sekolah. Alat ukur yang digunakan adalah skala persepsi modifikasi dari skala yang disusun oleh Ami (1999) yang mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Subowo (1981) dan Dakir (1975), Skala minat modifikasi dari skala yang disusun oleh Astuti (2002) mengacu pada aspek yang dikemukakan oleh Walgito (1997) dan Mahmud (1985). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas II MTs Negeri II Yogyakarta tahun ajaran 2003/2004. Pelaksanaan penelitian pada tanggal 10 Desember 2003 dengan subyek penelitian sebanyak 115 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan teknik product moment dengan fasilitas program SPSS versi 10.0 untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap guru konselor sekolah dengan minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling sekolah. Hasil analisisi data diperoleh ada hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap guru konselor sekolah dengan minat siswa mengikuti layanan bimbingan dan konseling sekolah, dengan koeHsien korelasi (r) sebesar 0,559 dengan P=0,000 (P< 0,01), koefisien determinan sebesar (r2) sebesar 0,298 sehingga sumbangan efektif sebesar (SE) sebesar 29,8%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPersepsien_US
dc.subjectMinaten_US
dc.titleHubungan antara Persepsi Siswa terhadap Guru Konselor Sekolah dengan Minat Siswa untuk Mengikuti Layanan Bimbingan dan Konseling Sekolahen_US
dc.Identifier.NIM97320021


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record