Show simple item record

dc.contributor.advisorIrwan Nuryana Kurniawan
dc.contributor.authorNur Widiasmara
dc.date.accessioned2020-11-09T04:32:15Z
dc.date.available2020-11-09T04:32:15Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25014
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivational belief, persepsi pada invitation forinvolvement dan life contextterhadap keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Dugaan awal yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada pengaruh motivational belief, persepsi pada invitation forinvolvement dan life context terhadap keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Lebih lanjut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan positifantara motivational belief dengan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak, apakah ada hubungan positif antara persepsi pada invitation for involvement dengan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak dan apakah ada hubungan positifantara lifecontextdengan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak. Orangtua yang dijadikan subjek dalam penelitian ini adalah bapak atau ibu saja dari setiap data siswa yang diperoleh. Sebanyak 112 orangtua, terdiri dari 46 orang ibu maupun 66 orang bapak, memiliki minimal satu orang anak yang masih bersekolah di kelas VI SD, memiliki status sosial ekonomi yang bervariasi, terlibat dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan kuisioner hasil adaptasi dan modifikasi Parent Questionnaire yang dikembangkan oleh Hoover-Dempsey dan Sandler (2005). Kuisioner yang digunakan terdiri atas bagian pernyataan, biodata serta empat buah skala pengukuran, yaitu: Skala Keterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak, Skala Motivational beliefs, Skala Persepsi pada Invitation for Involvement dan Skala Life Context. Hasil analisis data penelitian dengan komputer menggunakan program SPSS 12.0 for Windows, menunjukkan koefisien korelasi secara umum (R) sebesar 0.893 dengan koefisien detrminasi (R Square) sebesar 0.704. Berdasarkan hasil tersebut menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Lebih lanjut ditemukan korelasi product moment Pearson sebesar 0.711 dengan p = 0.000 (p<0.05) pada uji satu ekor. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Korelasi product moment Pearson menunjukkan koefisien sebesar 0.744 dengan p = 0.000 (p<0.05) pada uji satu ekor. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima. Korelasi product moment Pearson menunjukkan koefisien sebesar 0.801 dengan p = 0.000 (p<0.05) pada uji satu ekor. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis dapat diterima.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectmotivational beliefen_US
dc.subjectpersepsi pada invitation for involvementen_US
dc.subjectlife contexten_US
dc.subjectketerlibatan orangtua dalam pendidikan anaken_US
dc.titleKeterlibatan Orangtua dalam Pendidikan Anak Ditinjau dari Motivational Belief, Persepsi pada Invitation for Involvement dan Life Contexten_US
dc.Identifier.NIM03320200


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record