Hubungan antara Kecerdasan Ruhaniah dengan Kebingungan Identitas Diri Remaja
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah ada hubungan antara
kecerdasan ruhaniah dengan kebingungan identitas diri remaja. Hipotesis yang
diajukan dalam penelitian ini adalah ada hubungan negatif antara kecerdasan
ruhaniah dengan kebingungan identitas diri remaja, untuk menguji hipotesis
penelitian maka dilakukan pertelitia^ pada siswd kelas 1 dan 2 SMUN 58 Jakarta
Timur. Secara keseluruhan subjek dalam pettelitian ini berjumlah 90 orang. Adapun
skala penelitian yang digunakan adalah skala kecerdasan ruhaniah yang disusun
sertdiri oleh peneliti berdasarkan aspek kecerdasan ruhaniah yattg dikemukakan oleh
Tashiara (2001) yang terdiri dari 35 aitem dan skala kebingungan identitas diri remaja
yang disusuh sendiri oleh penelitian berdasarkan aspek kebittgurtgan identitas diri
yang dikemukakan oleh Erikson (Fuhrmann, 1990) yang terdiri dari 30 aitem.
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini rrtenggtinakan
analisis korelasi product moment dari Pedrson dengah komputasi melalui bantuan
program statistik SPSS versi 11 .Ofor windows.
Hasil yang diperoleh dalam analisis penelitian ini adalah ada hubungan yang
sangat signifikan antara kecerdasan ruhaniah dengan kebingungan identitas diri
remaja ( r =-0.511; p < 0.01) berarti hipotesis terbukti.
Kata kunci : Kecerdasan Ruhaniah, Kebingungan Identitas Diri Remaja
Collections
- Psychology [2174]