Show simple item record

dc.contributor.advisorFaisol AM
dc.contributor.authorAffan Akbar
dc.contributor.authorHarry Putranto
dc.date.accessioned2020-11-09T02:33:46Z
dc.date.available2020-11-09T02:33:46Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/123456789/25010
dc.description.abstractDidunia jasa konstniksi duetahui baliwa daiam seliap tender atau pelelangan selalu terjadi persaingan yang sangat ketat diantara beberapa perusahaan jasa konstniksi. Mereka saling berlomba-lomba untuk memenangkan pelelangan dcngan strateginya masing-masing. Penelitian ini melakukan studi atas berbagai model strategi penawaran yaitu model Fricuman dan model Gates yang selama ini belum banyak dibicarakan dan dibahas oleh pihak-piliak yang terlibat pada proyek konstniksi di Indonesia, padalial akan merupakan kebutuhan kontraktor dalam menghadapi tender-tender pada era globalisasi. Model-model terscbnt kemudian ditciapkan pada sejumlah data tender konslruksi di Indonesia yang berhasil diperoleh dan tahun 2000 sampai 2006. Data yang didapat dianalisis untuk mengetahui probabilitas menang dan probabilitas harapan dari nilai-nilai ∆Penawaran (selisih OE dan harga penawaran) yang diterapkan. Dari 17 contoh tender seita dari data-data lain yang duiapat berupa nilai Owner Estimate (OR) masing masing proyek dari kota Yogyakarta serta nilai penawaran dari para pesaing dianalisis mcnggunakan model penawaian Friedman dan model penawaran Gates. Setelah nilai-nilai tersebut diketahui maka dapat dibuat gralik untuk memperjelas hubungau antara nilai-nilai ∆Penawaran, probabilitas menang, serta probabilitas harapan. Hasil yang diperoleh pada proyek konstniksi di kota Yogyakarta ∆Pena.varan maksimum yang rnenghasilkan probabilitas menang maksimiun adalah 20%, probabilitas menang untuk 1pesaing sampai dengan 5pesaing adalah 98.68% sampai dengan 93.75%. ∆Penawaran maksimum yang rnenghasilkan probabilitas harapan menang maksimum adalah 24%, probabilitas harapan menang untuk I pesaing sampai dengan 5 pesaing adalah 23.68% sampai dengan 22.5%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Strategi Penawaranen_US
dc.subjectProyek Konstruksien_US
dc.subjectMetode Matematisen_US
dc.titleAnalisis Strategi Penawaran pada Proyek Konstruksi dengan Metode Matematis (Studi kasus di kota Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM00511016
dc.Identifier.NIM00511232


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record