Pengaruh Pelatihan Kecerdasan Emosi terhadap Peningkatan Kemampuan Problem Solving pada Remaja Awal
Abstract
Penelitian bertujuan untuk menguji secara empirik apakah pelatihan kecerdasan
emosi efektif dalam meningkatkan kemampuan problem solving remaja awal. Penelitian
ini menggunakan metode eksperimen dengan memberikan perlakuan benipa pelatihan
kecerdasan emosi pada kelompok eksperiman. Materi yang diberikan dalam pelatihan
ini antara lain kesadaran diri, pengaturan, motivasi, empati dan keterampilan sosial.
Subyek penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen
dan kelompok kontrol ( N = 26 ; kelompok eksperimen = 13, kelompok kontrol = 13 ).
Subyek penelitian adalah siswa Sekolah Menengah Pertama kelas 1.
Desain eksperiman dalam penelitian ini adalah pretest posttest control group
design dengan metode analisis data independent sample t-test. Hasil dari penelitian ini
menunjukan tidak adanya pengamh pelatihan kecerdasan emosi terhadap peningkatan
kemampuan problem solving pada remaja awal.
Collections
- Psychology [2223]