dc.description.abstract | Laju pertumbuhan penduduk dan laju pertumbuhan ekonomi suatu daerah
berjalan sebanding dengan laju pertumbuhan lalu lintas. UII Kampus Terpadu
merupakan salah satu faktor yang menyebabkan laju pertumbuhan penduduk
yang berdampak pada laju pertumbuhan lalu lintas pada jalan Kaliurang. Hal ini
berpengaruh terhadap kinerja ruas jalan Kaliurang, terutama dari km 13.5 hingga
km 14,5.
Ukuran kualitas dan kinerja jalan dapat dilihat dari tingkat pelayanan.
Parameter tingkat pelayanan menurut MKJI, 1997 meliputi arus total (Q),
kapasitas (C), dan derajat kejenuhan (DS). sedangkan menurut Highway Capacity
Manual (HCM) 1994 dinyatakan dalam kecepatan rata-rata, arus lalulintas dan
kepadatan (D) yang akan menentukan tingkat pelayanan itu dalam tingkatan atau
kondisi jalan tersebut dari tingkat pelayanan A sampai dengan F. Analisis tingkat
pelayanan ruas jalan Kaliurang km 13.5 s/d km 14,5 total dua arah dapat
dilakukan dengan hasil pengukuran volume lalu lintas di lapangan dan dari data
terkait. kemudian dikaitkan dengan faktor hambatan samping sehingga didapatkan
derajat kejenuhan yang digunakan untuk mendapatkan tingkat pelayanan dengan
menghubungkan antara grafik derjat kejenuhan (MKJI, 1997) dengan grafik
tingkat pelayanan (HCM. 1994). Penelitian ini didasarkan pada perhitungan jalan
dua lajur dua arah tak terbagi.
Berdasarkan hasil analisis menggunakan metode MKJI, 1997 yaitu nilai
arus total (Q) pada lokasi A sebesar 1843 smp/jam dan lokasi B adalah i911
snip/jam. kapasitas (C) sebesar 2496 smp/jam. maka diperoleh nilai derajat
kejenuhan (DS) pada lokasi A sebesar 0,74 dan pada lokasi B sebesar 0,77.
Berdasarkan hasil analisis diatas maka nilai derajat kejenuhan pada lokasi B telah
melebihi nilai yang diisyaratkan MKJI. 1997 sebesar 0,75.
Grafik hubungan antara derajat kejenuhan dengan kecepatan rata-rata yang
didapatkan berdasarkan analisis menggunakan metode MKJI. 1997 kemudian
dikonversi ke grafik tingkat pelayanan HCM, 1994 didapatkan tingkat pelayanan
pada lokasi A pada LOS F, lokasi Bl pada LOS F. dan lokasi B2 pada LOS F.
Sedangkan pada simpang tak bersinyal didapatkan tingkat pelayanan pada LOS C.
Ruas jalan Kaliurang km 13.5 hingga km 14.5 mengalami penurunan kapasitas
dan rendahnva tingkat pelayanan sehingga diperlukan antisipasi untuk
meningkatkan kinerja jalan pada ruas jalan tersebut. | en_US |