Show simple item record

dc.contributor.advisorR. Abdul Jalal
dc.contributor.authorRizka Septy Wulan
dc.date.accessioned2020-10-27T04:14:51Z
dc.date.available2020-10-27T04:14:51Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24847
dc.description.abstractKemampuan untuk mengirim produk ke pelanggan secara tepat waktu, dalam jumlah yang sesuai dan dalam kondisi yang baik sangat menentukan apakah produk tersebut pada akhirnya akan kompetitif di pasar atau tidak. Supply chain adalah jaringan perusahaan-perusahaan yang secara bersama-sama bekerja untuk menciptakan dan menghantarkan suatu produk ke tangan pemakai akhir. Oleh karena itu diperlukan sebuah konsep SCM yang merupakan metode atau pendekatan integrative untuk mengelola aliran produk, informasi, dan uang secara terintegrasi. Tujuan penelitian adalah mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab terjadinya bullwhip effect dan mentukan langkah-langkah apa yang harus di tempuh untuk mengurangi masalah bullwhip effect tersebut. Bullwhip effect merupakan hasil distorsi informasi tentang permintaan aktual konsumen. Perkiraan jumlah permintaan yang terjadi akan semakin berfluktuasi bila posisi perusahaan semakin ke hulu. Hasil penelitian menunjukkan Dari hasil perhitungan disimpulkan bahwa terjadi bullwhip effect hampir di semua jenis rokok dan hampir di semua sub distributor. Hal ini menunjukkan terjadinya distorsi informasi antara distributor dengan sub distributor. Bahkan semakin ke hulu nilai ω semakin meningkat (ω₁ =1,069 < ω₂= 1,121), dengan kata lain permintaan yang sebenarnya lebih stabil di tingkat sub distributor berubah menjadi fluktuatif di bagian hulu supply chain. Hal-hal yang menyebabkan terjadinya Bullwhip Effect adalah lead time pengriman dari distributor ke sub distributor yang terlalu panjang, terjadinya kelebihan persediaan barang di tingkatan distributor maupun sub distributor karena sistem distribusi barang yang kurang optimal, dan kurangnya sistem informasi yang diterapkan oleh sistem distribusi dalam perusahaan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectPenurunan Bullwhip Effect pada Rantai Pasok dengan Perbaikan Sistem Persediaan (Studi Kasus di PD. DHARMA, Yogyakarta)en_US
dc.titlePenurunan Bullwhip Effect pada Rantai Pasok dengan Perbaikan Sistem Persediaan (Studi Kasus di PD. DHARMA, Yogyakarta)en_US
dc.Identifier.NIM02522250


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record