Peran Manajemen Waktu terhadap Work-Study Conflict pada Mahasiswa yang Bekerja di Yogyakarta
Abstract
Work-study conflict merupakan keadaan dimana tuntutan dan tanggung jawab
individu terhadap perannya dalam pekerjaan menghambat individu untuk
memenuhi tuntutan dan tanggung jawab terhadap perannya dalam pendidikan.
Manajemen waktu merupakan kemampuan pengelolaan waktu yang dimiliki
individu untuk melakukan perencanaan, penjadwalan serta melaksanakan tugas
dan tanggung jawabnya dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui hubungan antara manajemen waktu dan work-study
conflict pada mahasiswa yang bekerja di Yogyakarta. Hipotesis dari penelitian ini
adalah adanya hubungan negatif antara manajemen waktu dan work-study
conflict pada mahasiswa yang bekerja. Penelitian ini melibatkan 276 mahasiswa
yang bekerja berusia 18 tahun hingga 25 tahun di Yogyakarta. Responden
penelitian ini terdiri dari 149 perempuan dan 127 laki-laki. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hipotesis penelitian diterima dengan nilai r = -0,407 dan
nilai p = 0,000. Manajemen waktu memberikan sumbangan sebesar 24,8%
terhadap work-study conflict pada mahasiswa yang bekerja di Yogyakarta.
Collections
- Psychology [2191]