Show simple item record

dc.contributor.advisorAnnisa Uswatun Khasanah
dc.contributor.advisorAli Parkhan
dc.contributor.authorAdelia Febriyanti, 16522259
dc.date.accessioned2020-10-19T05:44:11Z
dc.date.available2020-10-19T05:44:11Z
dc.date.issued2020-04-27
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24681
dc.description.abstractTeknologi turut ikut serta dalam mengubah gaya hidup manusia secara fundamental, salah satunya dalam aspek bisnis. Salah satu bisnis yang berkembang dengan adanya teknologi adalah industri logistik. Perkembangan jasa logistik juga dibuktikan melalui banyaknya jumlah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang, salah satunya adalah PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), yang telah berdiri selama 29 tahun dan memiliki jaringan yang luas di seluruh kota di Indonesia, dengan titik layanan 1.500 lokasi. JNE memiliki aplikasi bernama my JNE pada website Google Play, yang mendapat ulasan lebih dari 86.000 komentar dan hingga Desember 2019 hanya mendapat rating sebesar 2,4 bintang dari total keseluruhan penilaian 5 bintang. Hal ini mendorong dilakukannya penelitian terkait JNE dengan menggunakan data ulasan pengguna dari Google Play. Ulasan yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 1.876 yang diklasifikasikan menjadi kelas sentimen positif dan negatif menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier serta dilakukan asosiasi kata. Klasifikasi dengan naïve bayes classifier dengan perbandingan data latih 90% dan data uji 10% menghasilkan akurasi yang optimum yaitu sebesar 85.87%. Selanjutnya untuk asosiasi teks didapatkan informasi bahwa pengguna JNE membicarakan “kirim”, “paket”, “kurir”, “bagus”, “aplikasi”, “cepat”, “layan”, “terima”, “bantu”, dan “bintang”. Sedangkan pada kelas sentimen negatif pengguna sering membicarakan mengenai “kirim”, “paket”, “kurir”, “kecewa”, “layan”, “jasa”, “buruk”, “aplikasi”, “parah”, dan “lambat”. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Asosiasi Kata, Diagram Fishbone, JNE, Google Play, Naïve Bayes Classifieen_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Sentimenen_US
dc.subjectPersepsi Pengguna JNEen_US
dc.subjectAlgoritma Naïve Bayes Classifieren_US
dc.subjectAsosiasi Kataen_US
dc.subjectDiagram Fishboneen_US
dc.subjectGoogle Playen_US
dc.titleAnalisis Sentimen Persepsi Pengguna JNE Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifieren_US
dc.Identifier.NIM16522259


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record