dc.description.abstract | Teknologi turut ikut serta dalam mengubah gaya hidup manusia secara fundamental, salah
satunya dalam aspek bisnis. Salah satu bisnis yang berkembang dengan adanya teknologi
adalah industri logistik. Perkembangan jasa logistik juga dibuktikan melalui banyaknya
jumlah perusahaan yang bergerak di bidang jasa pengiriman barang, salah satunya adalah
PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), yang telah berdiri selama 29 tahun dan memiliki
jaringan yang luas di seluruh kota di Indonesia, dengan titik layanan 1.500 lokasi. JNE
memiliki aplikasi bernama my JNE pada website Google Play, yang mendapat ulasan lebih
dari 86.000 komentar dan hingga Desember 2019 hanya mendapat rating sebesar 2,4
bintang dari total keseluruhan penilaian 5 bintang. Hal ini mendorong dilakukannya
penelitian terkait JNE dengan menggunakan data ulasan pengguna dari Google Play.
Ulasan yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 1.876 yang diklasifikasikan menjadi
kelas sentimen positif dan negatif menggunakan algoritma Naïve Bayes Classifier serta
dilakukan asosiasi kata. Klasifikasi dengan naïve bayes classifier dengan perbandingan
data latih 90% dan data uji 10% menghasilkan akurasi yang optimum yaitu sebesar
85.87%. Selanjutnya untuk asosiasi teks didapatkan informasi bahwa pengguna JNE
membicarakan “kirim”, “paket”, “kurir”, “bagus”, “aplikasi”, “cepat”, “layan”, “terima”,
“bantu”, dan “bintang”. Sedangkan pada kelas sentimen negatif pengguna sering
membicarakan mengenai “kirim”, “paket”, “kurir”, “kecewa”, “layan”, “jasa”, “buruk”,
“aplikasi”, “parah”, dan “lambat”.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, Asosiasi Kata, Diagram Fishbone, JNE, Google Play,
Naïve Bayes Classifie | en_US |