Hubungan antara Permainan Anak yang Mendidik (Edukatif) dalam Meningkatkan Kreativitas Pada Anak Usia Pra Sekolah
Abstract
Kreativitas adalah kemampuan untuk mencipta suatu berdasarkan gagasan-gagasan,
hasil atau ide-ide baru yang sebelumnya tidak dikenal oleh pencipta melalui
proses berpikir. Bermain merupakan jembatan bagi anak dari belajar secara informal
menjadi formal. Alat permainan mendidik adalah alat permainan yang dirancang secara
khusus untuk kepentingan pendidikan dan mempunyai ciri antara lain : (a) dapat
digunakan dalam berbagai cara (tujuan, manfaat dan bentuk yang berbeda); (b) ditujukan
terutama pada anak-anak usia pra-sekolah dan berfungsi mengembangkan berbagai aspek
perkembangan kecerdasan serta motorik anak; (c) segi keamanan sangat diperhatikan
baik dari bentuk maupun penggunaan cat; (d) membuat anak terlibat secara aktif; (e) dan
sifatnya membangun. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengkaji ada tidaknya
hubungan antara permainan yang mendidik (edukatif) dan kreativitas pada anak
prasekolah.
Penelitian ini mengambil lokasi di TK Bausasran, Kecamatan Danurejan, DIY.
Subyek penelitian ini adalah semua anak usia pra-sekolah yang berusia sekitar 6 tahun
yang tinggal di lingkungan Bausasran. Jumlah subyek yang diambil adalah 50 orang
anak, kemudian dari ke 50 subyek tersebut dibagi menjadi dua, yaitu 25 orang anak untuk
kelompok eksperimen dan 25 orang anak untuk kelompok kontrol. Keadaan lingkungan
sekitar TK tersebut sangat ramai karena terletak di daerah perkotaan yang padat
penduduknya.
Uji t-Test dilakukan untuk menguji hipotesis dengan syarat nilai p<0,05
(p=0,00), maka 0,000 < 0,05. hasil tes tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan
yang sangat signifikan antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen artinya
hipotesis diterima
Dari hasil analisis yang dilakukan diperoleh hasil mean pada kelompok
eksperimen = 38,40 dan mean pada kelompok kontrol = 39,92 (sebelum
perlakuan/pretest), dan hasil mean pada kelompok eksperimen = 67,60 dan mean pada
kelompok kontrol = 41,08 (setelah perlakuan/postesf)
Collections
- Psychology [2173]