Hubungan antara Dukungan Sosial dan Penerimaan Diri terhadap Burnout pada Guru Sekolah Dasar Negeri
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukungan sosial dan
penerimaan diri terhadap burnout pada guru sekolah dasar negeri. Penerimaan diri maupun
dukungan sosial pada guru sekolah dasar negeri di Indonesia masih perlu dipertanyakan. Guru
sekolah dasar negeri perlu mendapatkan dukungan yang memadai di lingkungan kerjanya guna
mengatasi stres yang dialami. Di sisi lain baik dan buruknya penerimaan diri dapat memicu tinggi
dan rendahnya kadar stres pada guru sekolah dasar.
Sampel atau subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru-guru sekolah dasar
negeri (SDN) di Daerah Prumnas Sako Kenten dan Bukit sangkal, Palembang Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling Dengan ciri-ciri sampling
adalah, subjek adalah guru tetap di Sekolah Dasar Negeri dan subjek telah mengabdi sebagai guru
sekolah dasar minimal sepuluh tahun. Ada pun skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah
skala Burnout, skala Dukungan Sosial, dan skala Penerimaan Diri.
Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program
SPSS versi 12.00 untuk menguji apakah terdapat hubungan antara dukungan social dan
penerimaan diri terhadap burnout pada guru sekolah dasar. Korelasi product moment dari
Spearman menunjukkan korelasi sebesar r = 0,631 yang artinya ada hubungan yang sangat
signifikan antara Dukungan Sosial dan Penerimaan diri terhadap Burnout pada Guru Sekolah
Dasar Negeri. Jadi hipotetis diterima.
Kata Kunci Dukungan Sosial, Penerimaan Diri, Burnout
Collections
- Psychology [2178]