Perancangan dan Implementasi Permainan Traditional D. I. Yogyakarta
Abstract
Laporan tugas akhir ini membahas perancangan dan imnlemeniasi aplikasi
Permaman Tradisional Daerah Istimewa Yogvakarta (PTDIY) yaitu sebuah
permainan perangkat lunak yang menjadikan permainan rakyat yang biasa
dimainkan secara tradisional sebagai ide dasarnyari tiga kategoriyane telah
dijabarkan secara ilmiah oleh Balai Kajian Sejarah dan Nilai Tradisional
Yogyakarta terhadap 40 macam permainan, maka kategori Bermain dan Olah
Pikirlah yang kemudian menjadi tema permaman ini.
Bas-basan Sepur, Macanan dan Mul-mulan, adalah permainan-permainan
tradisional yang dikembangkan ke dalam aplikasi PTDIY ini Secara umum
ketiganya memiliki persamaan dengan memainkan biji/uwong sebagai kendali
permainan. Dengan prinsip-prinsip pemrograman beronentasi objek seperti
pewarisan si fat, maka pembentukan instance dalam aplikasi Ini menjadi dasar utama
dalam pembuatan. Sifat-sifat yang ada Pada masing-masing biji permainan
adalah konversi dan tatacara permainan ke dalam bahasa pemrograman.
Untuk keperluan pengembangan, Macromedia Flash telah menjembatani
keinginan membuat sebuah aplikasi yang interaktif dengan dukungan Action.
Scriptnya, serta kebutuhan desain yang sangat baik untuk membuat tampilan yang
menarik. Setelah dilakukan pengujian dalam skala kecil, dapat disimpulkan
secara keseluruhan aplikasi PTDIY ini berjalan dengan baik. Dan dalam konteks
pendokumentasian budaya sebagai salah satu tujuan, maka aplikasi PTDIY ini
membantu masyarakat yang kurang mengetahui adanya bentuk permainan seperti
ini dalam budaya di sekitar mereka.
Collections
- Informatics Engineering [2152]