Pembuatan Perangkat Lunak SHORGA untuk Menentukan Jalur Terpendek Antar Kota Menggunakan Algoritma Genetika
Abstract
Sebuah perjalanan terkadang membutuhkan jalur/rute yang terpendek
Biasanya jalur terpendek tersebut didapatkan dengan cara menghitung waktu yang
ditempuh, ataupun berdasarkan jarak dari kota asal ke kota tujuan. Semakin
banyak altematif jalur ke kota tujuan, semakin rumit cara untuk menghitung jalur
terpendek. Untuk itu diperlukan sebuah mekanisme yang handal untuk dapat
menentukan jalur terpendek dari kota sumber ke kota tujuan. Penerapan metode
AI dalam perhitungan jalur terpendek merupakan salah satu solusi untuk dapat
menyelesaikan masalah jalur terpendek.
Algoritma genetika merupakan salah satu metode heuristik yang cukup
dikenal dalam pemecahan masalah optimasi. Diharapkan pemecahan masalah
pencanan jalur terpendek menggunakan algoritma genetika dapat menghasilkan
nilai optimum yang akurat dan cepat. Pemodelan perangkat lunak Shortest Path
Problem using Genetic Algorithms (SHORGA) dilakukan menggunakan notasi
UML (Unified Modelling Language) yang merupakan standar dalam dunia
industn perangkat lunak untuk melakukan visualisasi, perancangan dan
pendokumentasian suatu perangkat lunak yang berorientasi objek. Dengan
menggunakan algoritma genetika dalam pengolahan data graf, diperoleh output
benma neta hasil pencarian jalur terpendek.
Hasil dan pembahasan menunjukkan bahwa sistem ini dapat digunakan
sebagai referensi bagi nilai keakuratan metode algoritma genetika dalam
penentuan jalur terpendek. Kelebihan dari sistem ini antara lain dibangun berbasis
J2SE dengan tampilan yang user friendly, dan kekurangannya adalah nilai yang
kurang akurat untuk data dengan jumlah banyak.
Kata-kunci: Algoritma Genetika, Pencarian Jalur Terpendek
Collections
- Informatics Engineering [2170]