Studi Kualitatif Proses Pengambilan Keputusan untuk Kuliah di Program Studi Komunikasi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan
untuk kuliah di Program Studi Komunikasi Universitas Islam Indonesia.
Pertanyaan penelitian adalah "Bagaimana proses pengambilan keputusan
berkaitan dengan pengambilan keputusan calon mahasiswa untuk kuliah di
Program Komunikasi?" dan "Mengapa calon mahasiswa memilih Prodi
Komunikasi?"
Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Komunikasi
Universitas Islam Indonesia angkatan 2004/2005. Teknik pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah menggunakan purposive sampling.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif.
Metode pengumpulan data melalui wawancara mendalam yang terstruktur agar
tidak menyimpang dari tujuan penelitian. Sebelum melakukan wawancara
mendalam, subyek disebarkan interview guide dengan tujuan untuk memperoleh
data awal sebelum peneliti masukkajianyang lebihmendalam.
Dari hasil penelitian, diperoleh bahwa pengambialn keputusan kuliah di
UII adalah jarena atribut nama besar UII dan atribut Prodi Komunikasi. Alasan
yang melatarbelakangi subyek masuk Prodi Komunikasi adalah keinginan subyek
untuk mengembangkan potensi yang dimiliki. Dalam penelitian ini juga
ditemukan bahwa subyek melakukan pengambilan keputusan melalui pemecahan
masalah terbatas (PMT) dan pemecahanmasalah diperluas (PMD).
Kata kunci: Proses pengambilan keputusan
Collections
- Psychology [2177]