Show simple item record

dc.contributor.advisorImam Djati Widodo
dc.contributor.authorJhon Afrizal, 03522184
dc.date.accessioned2020-09-25T09:14:42Z
dc.date.available2020-09-25T09:14:42Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24208
dc.description.abstractSaat dunia bersiap untuk menuju perdagangan bebas, manusia seakan berlomba meraih pekerjaan atau pendidikan yang setinggi-tingginya. Banyak hal yang harus diperbaiki oleh suatu negara yang berharap dapat bersaing di dalam ekonomi global. Salah satunya adalah dari peran sektor pendidikan yang sangat menentukan untuk menciptakan lulusan yang berkualitas. Menurut Schomburg (2003), Tracer study -yang sering disebutjuga "alumni survey" atau 'follow-up survey"-, merupakan salah satu bentuk studi empiris yang dapat dipakai untuk memperoleh informasi yang berguna untuk mengevaluasi hasil pendidikan tinggi. Dengan analisis cluster lata dapat mengidentifikasi sekelompok obyek yang mempunyai kemiripan karakteristik tertentu yang dapat di pisahkan dengan kelompok lainnya, sehingga obyek yang berada dalam kelompok yang sama relative lebih homogen dari pada obyek yang berada pada kelompok yang berbeda. Pada kelompok 1 variabel yang menjadi kelebihan alumni Teknik Industri UII adalah pada variabel mengidentifikasi masalah (X1) sebanyak 92 857% (13 orang) alumni, kelompok 2 pada variabel berkomunikasi dengan atasan (X16) sebanyak 80% (24 orang) alumni, dan pada kelompok 3 pada variabel memprioritaskan masalah (X2) sebanyak 87.5% (7 orang) alumni Sedangkan yang menjadi kelemahan pada kelompok 1 adalah pada variabel merumuskan keputusan dalam waktu yangpendek (X9), kelompok 2 pada variabel pemecahan persoalan (X3), kontribusi kekelompok untuk pemecahan persoalan (X4), mengidentifikasi komponen ide yang penting (X7), dan mengidentifikasi implikasi politis dari keputusan yang dibuat (X12), dan pada kelompok 3 pada variabel kontribusi kekelompok untuk pemecahan persoalan (X4) dan berkomunikasi dengan atasan (X16). Sedangkan yang menjadi prioritas untuk pengembangan kualitas prodi dalam waktu dekat pada kelompok 1adalah pada variabel bekerja sama baik dengan pegawai lainnya (X15) dan mempunyai hubungan baik dengan bawahan (X17), kelompok 2 pada variabel mengidentifikasi komponen ide yang penting (X7) dan pada kelompok 3pada variabel kontribusi kekelompok untuk pemecahan persoalan (X4), bekerja sama baik dengan pegawai lainnya (X15) dan mengerti kebutuhan orang lain (X19).en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnalisis Kompetensi Alumnien_US
dc.subjectJurusan Teknik Industrien_US
dc.subjectUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDunia Kerjaen_US
dc.subjectMetode Analisis Clusteren_US
dc.titleAnalisis Kompetensi Alumni Jurusan Teknik Industri Universitas Islam Indonesia pada Dunia Kerja dengan Menggunakan Metode Analisis Clusteren_US
dc.Identifier.NIM03522184


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record