Pusat Perbelanjaan di Cilacap sebagai Wadah Perbelanjaan Modern, Hiburan dan Pendekatan Bangunan Waterfront
Abstract
Dalam memasuki pembangunan saat ini seiring kemajuan ilmu
pengetahuan, telah merubah wajah dunia menjadi sekarang ini. Terciptanya
lingkungan yang lebih baik (built environment), lebih khusus lagi ilmu tentang
bangunan atau arsitektur.
Dalam meningkatkan kebutuhan fasilitas perbelanjaan yang sudah ada di
kota Cilacap sendiri yang masih banyak pada bentuk konvensional, maka perlu
direncanakan sebuah pusat perbelanjaan dengan fasilitas yang lebih lengkap dan
terpadu dengan fasilitas hiburan lainnya sehingga diharapkan dapat menjadi
suatu pusat perbelanjaan baru yang dapat memenuhi kehidupan masyarakat
yang semakin maju dan semakin efisien. Selain itu diharapkan menjadikan suatu
landmark tersendiri pada kawasan tersebut.
Konsep perencanaan yang ada adalah dengan melihat kebutuhan
masyarakat yang semakin bertambah, dan sejalan dengan berkembangya waktu
sehingga lebih dituntut hal-hal yang lebih efisien dan modern dalam melakukan
kegiatan, juga dari segi bangunan dapat menampilkan citra tersendiri dari
bangunan tersebut sehingga nampak menonjol dari lingkungan sekitarnya yang
merupakan salah satu bentuk ciri bangunan komersial. Perencanaan konsep
bangunan dengan melihat karakter lokasi geografis sendiri yang terletak di
kawasan tepi pantai yaitu dengan pendekatan pada bangunan waterfront. Untuk
menunjukkan bangunan komersial sendiri dengan menampilkan pada
penampilan fasade bangunan yang lebih menonjol dengan bentuk ornamen,
warna maupun permainan atapnya. Selain itu juga harus mempunyai daya tarik
sendiri, yaitu dengan menampilkan ruang publik sebagai sarana taman rekreasi
waterfront.
Collections
- Architecture [3718]