Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen terhadap Pemilihan Jenis Pembalut Wanita Menggunakan Metode Proses Hirarki Analitik (PHA) (Studi Kasus pada Mahasiswi Universitas Islam Indonesia, Jogjakarta)
Abstract
Pembalut wanita merupakan produk yang menjadi salah satu kebutuhan
penting bagi wanita pada umumnya dan mahasiswi pada khususnva. Penelitian
tentang pembalut wanita ini bertujuan untuk mengidentifikasi produk pembalut
wanita bagi konsumen.
Pada penelitian ini digunakan melode Proses Hirarki Analisis (PHA)
untuk menganalis faktor-faktor yang mempengaruhi keinginan konsumen dalam
memilih pembalut wanita. PHA merupakan sebuah metode dengan
memperhitungkan seluruh faktor yang disusun berdasarkan hirarki dari
permasalahan yang ada. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
metode penyebaran kuesioner. Bila rasio konsistensi lebih besar dari 0, 1 maka
jawaban responden dinyatakan tidak konsisten.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 70 dari 80 responden memenuhi
konsistensi dan diperoleh bobot faktor sebagai berikut: faktor perlindungan
(0.414509), harga (0.20776), ketebalan (0.19856073), isi kemasan (0.066251),
Iklan (0.065697), sub faktor anti kerut dan anti bocor (0.15792005), tidak
menimbulkan gatal dan iritasi (0.12861261), daya serap tinggi, (0.05571789),
perekat yang kuat (0.04752221), sub faktor ketebalan sedang (0.078793), tebal
(0.049046), tipis (0.032754), sub faktor isi kemasan 8-15 (0.034589). 15 buah
(0.011774), 8 buah (0.011266), faktor harga dengan sub faktor murah
(0.128537), sedang (0.058913), mahal (0.015904), sub faktor ielevisi (0.044116),
radio (0.010723), media cetak (0.008925). Alternatif produk Laurier (0.2266801),
Charm (0.2191940), Kotex (0.2089896), Whisper (0.1448765) dan yang terakhir
adalahSoftex (0.1346797).
Collections
- Industrial Engineering [2224]