Show simple item record

dc.contributor.advisorR. B. Fajriya Hakim
dc.contributor.authorRismita Wahyu Widyastuti, 16611088
dc.date.accessioned2020-09-16T07:56:07Z
dc.date.available2020-09-16T07:56:07Z
dc.date.issued2020-04-29
dc.identifier.urihttp://dspace.uii.ac.id/123456789/24010
dc.description.abstractDengan adanya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memiliki peranan yang penting bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan informasi, karena berbagai aspek kehidupan tidak dapat luput dari teknologi informasi dan komunikasi. Media hasil teknologi yang dapat menyampaikan informasi secara massa yaitu media massa. Media massa terbagi menjadi dua jenis yaitu media cetak dan media elektronik. Televisi adalah media massa elektronik yang paling efektif dalam penyebaran informasi menggunakan perpaduan antara media audio dan visual. Televisi banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, karena televisi sebagai media komunikasi yang cepat, relatif murah, dan dapat juga sebagai media hiburan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memprediksi harga penjualan televisi dengan mengimplementasi machine learning yaitu Random Forest. Variabel independen yang digunakan antara lain: nama produk, merek, ukuran layar dan tipe layar, sedangkan variabel dependen adalah harga. Random Forest merupakan pengembangan dari Decision Tree model Classification and Regression Tree (CART). Model Random Forest dianalisis dengan bahasa pemrograman python dan diaplikasikan menjadi sebuah website dengan menggunakan framework flask. Berdasarkan hasil analisis random forest menggunakan data training dan data testing dengan perbandingan 75%:25%. Dilakukan pelatihan pertama dengan membuat model random forest regressor menggunakan parameter default menghasilkan akurasi sebesar 75,75%. Dalam meningkatkan akurasi dilakukan tuning hyperparameter untuk mendapatkan parameter optimal antara lain: n_estimators (𝑛𝑡𝑟𝑒𝑒) optimal sebanyak 1.000 pohon dan parameter max_features (𝑚𝑡𝑟𝑦) optimal sebanyak 4 variabel. Dilakukan pelatihan kedua dengan membuat model random forest regressor menggunakan parameter optimal hasil tuning hyperparameter sehingga didapatkan akurasi sebesar 75,81%.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectTelevisien_US
dc.subjectRandom Foresten_US
dc.subjectFlasken_US
dc.subjectMachine Learningen_US
dc.subjectWebsiteen_US
dc.titlePrediksi Harga Televisi dengan Menggunakan Penerapan Metode Random Forest Dan Framework Flasken_US
dc.Identifier.NIM16611088


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record