Perancangan Subgrade Jalan Raya pada Tanah Gambut Menggunakan Tiang Cerucuk
Abstract
Tanah mempunyai peranan yang sangat penting pada suatu
perkerasan jalan, karena tanah merupakan pondasi pendukung
suatu bangunan. Khusus pada konstruksi perkerasan jalan,
kekuatan dan keawetan perkerasan sangat ditentukan oleh
sifat-sifat daya dukung tanah dasar. Kadangkala lokasi
pembangunan harus melewati tanah yang indeks plastisitasnya
rendah seperti tanah gambut. Pada kondisi tanah seperti ini
sulit sekali didapatkan kepadatan yang maksimal karena
kemampuan tanah untuk mengikat sangat kecil, disebabkan
oleh kandungan bahan organik pada tanah tersebut. Usaha
yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini diantaranya
adalah perancangan tanah dasar dengan tiang pancang
menggunakan tiang cerucuk.
Perancangan subgrade jalan raya pada tanah gambut
menggunakan tiang cerucuk yang direncanakan pada jalan baru
Samuda ke Ujung Pandaran diharapkan merupakan salah satu
metode atau cara untuk menyelesaikan masalah perkerasan
jalan pada tanah gambut.
Untuk menunjang perancangan ini dilakukan penelitian
di lapangan maupun di laboratorium tentang keadaan tanah
asli (gambut) pada jalan yang akan dibangun. Dari hasil
penelitian diketahui bahwa tanah sampai pada kedalaman 4 m
mempunyai nilai kohesi (c) dan sudut geser dalam (Ø) sangat
kecil.
Dengan perhitungan daya dukung kelompok tiang
berdasarkan kelekatan antara tanah dengan kulit tiang,
diperoleh suatu kesimpulan bahwa dimensi pondasi tiang
cerucuk yang akan dipancang pada perancangan ini mampu
mendukung beban di atasnya diperlukan panjang tiang sampai
pada kedalaman 7 m dengan diameter 15 cm.
Collections
- Civil Engineering [4192]