dc.description.abstract | Kualitas masa anak mencerminkan kualitas bangsa dimassa yang akan
datang. Peran orang tua, keluarga dan lingkungan merupakan bekal
pengalaman sosial bagi anak. Karena itu diperlukan pendidikan awal bagi anak
agar dapat tertanam nilai-nilai kehidupan pada usia dini (0-5 tahun).
Pra sekolah merupakan suatu lembaga pendidikan yang bertujuan
membantu mengembangkan kecerdasan anak dengan fasilitas pendidikan
balajar dan bermain. Seiring dengan perkembangannya, di Jogjakarta peminat
untuk pendidikan pra sekolah semakin meningkat, keterbatasan sarana dan
prasarana menjadi kendala utama. Disamping sisitem belajar anak yang belum
maksimal.
Pra sekolah yang baik adalah pra sekolah yang mampu
mengembangkan dan merangsang kecerdasan anak yang tidak hanya
mengenalkan kemampuan akademik tetapi juga menjadi ceria dengan
bermain, berimajinasi serta bebas berekspresi.
Pada usia dini terdapat berbagai macam kecerdasan anak yang perlu
dikembangkan yang disebut multiple intelligence anak, yang meliputi: word
smart, picture smart, music smart, body smart, logic smart, people smart, self
smart dan nature smart.
Untuk dapat mewadahi multiple intelligence anak tersebut maka
diperlukan desain ruang-ruang yang sesuai dengan kegiatan smart diatas.
Maka desain kelas harus disesuikan dengan kebutuhan serta tuntutan ruang.
Yang meliputi material bangunan, warna, bentuk ruang serta standart-standart
yang disesuaikan dengan kegiatan serta usia anak pra sekolah. | en_US |