Kebersyukuran dan Kesejahteraan Subjektif pada Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten X dan Kota Y
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kebersyukuran dan kesejahteraan subjektif pada guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten X dan Kota Y. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan skala likert. Responden penelitian ini adalah 120 guru SMA yang terdiri dari 43 laki-laki dan 77 perempuan. Pengukuran variabel kesejahteraan subjektif dalam penelitian ini menggunakan skala Satisfaction With Life Scale dan skala Scale of Positive and Negative Experience berdasarkan teori dari Diener, sedangkan pengukuran variabel kebersyukuran menggunakan skala The Gratitude Questionnaire-6 berdasarkan teori dari McCullough. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik uji korelasi Spearman. Hasil analisis menunjukkan adanya hubungan positif yang signifikan antara kebersyukuran dan kesejahteraan subjektif pada guru Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan korelasi sebesar r = 0,439 dan p = 0,000 (p > 0,05), yang artinya hipotesis penelitian diterima.
Collections
- Psychology [2177]