Analisis Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Sayuran pada Toko Sayur di Yogyakarta Studi Kasus di Toko Sayur di Sleman dan Bantul, Yogyakarta
Abstract
Perilaku konsumen adalah cara individu dalam mengambil keputusan untuk memanfaatkan waktu, uang dan usaha yang dimiliki untuk membeli keperluan mereka yang berhubugan dengan konsumsi. Sayuran sendiri termasuk salah satu jenis perishable product, yang merupakan bahan pangan dengan masa hidup yang terbatas dan mudah rusak. Banyak hal yang mejadi dasar alasan konsumen dalam keputusan pembelian sayuran, seperti penampilan produk (appearance); kualitas dan kandungan gizi; harga; kesegaran dan umur simpan; serta keamanan produk. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku pembelian konsumen pada toko sayur di Yogyakarta dan penentuan strategi pemasaran yang tepat dengan menggunakan metode SEM. Hasil menunjukkan faktor yang paling mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian produk sayuran di toko sayur yaitu variabel Product_Quality. Indikator yang menjadi perhatian konsumen pada kualitas produk yaitu kesegaran dan appearance. Sementara variabel lainnya tidak begitu berpengaruh secara signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, rekomendasi yang diberikan yaitu menjaga kualitas dan kesegaran sayuran dengan menerapkan beberapa sistem perawatan (maintenance) khusus sebagai bentuk pengelolaan sayuran, dan meningkatkan kualitas produk dan daya beli konsumen dengan menerapkan sistem belanja sayuran hydroponic.
Collections
- Industrial Engineering [2224]