Pengaruh Religiusitas, Kecerdasan Emosional dan Dukungan Sosial Keluarga terhadap Resiliensi Siswa Kelas VII SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020
Abstract
Penelitian ini mengangkat tema tentang pengaruh religiusitas, kecerdasan emosional dan dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi siswa di SMPIT MASJID SYUHADA. Dengan batasan pembahasan tesis ini mengukur pengaruh antara tiga variable bebas terhadap satu variable terikat. Alasan pemilihan tema ini dikarenakan resiliensi merupakan hal yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik guna menghadapi masalah-masalah yang menimpanya.
Rumusan masalah ini yaitu seberapa besar pengaruh religiusitas, kecerdasan emosional dan dukungan sosial keluarga terhadap resiliensi siswa kelas VII SMP Masjid Syuhada Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020.
Teori yang mendasari dalam penelitian ini yaitu tentang konsep religiusitas, kecerdasan emosional, dukungan sosial keluarga dan resiliensi. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode pengumpulan data menggunakan angket, teknis analisis data menggunakan analisis regresi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil pengujian pengaruh Religiusitas, Kecerdasan Emosional Dan Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Resiliensi Siswa Kelas VII SMP IT Masjid Syuhada Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020 mendapatkan hasil sebesar 90,8 %. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X terhadap variable Y. Data tersebut diambil dari sampel 60 peserta didik, 54 % dari 112 populasi yang ada.