Pengembangan Massive Open Online Course (MOOC) Modul Grading
Abstract
MOOC (Massive Open Online Courses) merupakan sistem pembelajaran online yang terbuka dengan tujuan untuk menyaring minat belajar. MOOC pertama kali muncul pada tahun 2008 di pendidikan tinggi. Sistem ini terbagi menjadi beberapa modul di antaranya adalah enrollment, payment, course, grading, certificate, dan ceremony. Penelitian ini mengusulkan MOOC modul grading. Modul grading merupakan modul yang penting, karena pada modul ini akan mengukur keberhasilan peserta didik. Pengukuran ini di dapatkan dalam proses assessment guna mendapatkan feedback pembelajaran. Tanpa assessment, MOOC tidak dapat diketahui keberhasilannya. Modul grading akan muncul apabila semua tahapan sudah terpenuhi. Di dalam konten penilaian terdapat banyak macam proses penilaian, mulai dari penilaian mingguan, penilaian materi, penilaian kuis, maupun penilaian tugas.
Pengembangan MOOC modul grading dilakukan menggunakan metode prototyping. Tahapan penelitian dilakukan mulai dari communication, planning, modeling, construction dan deployment. Dalam sistem MOOC modul grading di kembangkan dalam platform website dan menggunakan framework bahasa pemrograman PHP yaitu laravel.
Hasil yang di dapat dari pengujian UAT (User Accepted Testing) pada role siswa memperoleh skor penerimaan 84% sedangkan role tentor memperoleh skor 91%. Sedangkan pengujian kepuasan yang dilakukan dua tahap, tahapa pertama dan kedua memperoleh skor 87% dan 84%. Ini menunjukan tingkat kepuasan yang baik.
Collections
- Informatics Engineering [2162]