Penelitian Laboratorium Perbandingan Penggunaan Agregat Halus Kali Krasak dan Agregat Halus Kali Progo Hasil Stone Crusher pada Campuran Split Mastic Asphalt Ditambah Serat Selulosa (SMA+S)
Abstract
Bagian lapis keras yang mendapat perhatian khusus
adalah lapis permukaan, karena lapisan ini akan memberikan
keamanan dan kenyamanan selama penggunaan jalan. Split
Mastic Asphalt (SMA) adalah salah satu jenis lapis keras
yang sedang dikembangkan di Indonesia.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan membandingkan
penggunaan agregat halus Kali Krasak dan agregat halus
Kali Progo hasil stone crusher, pada campuran Split Mastic
Asphalt ditambah serat selulosa. Perbandingan dilakukan
terhadap nilai kerapatan (density), VITM, VFWA, kelelehan
(flow), stabilitas dan Marshall Quotient.
Bahan yang digunakan pada penelitian ini berupa
agregat kasar, agregat halus dan filler (abu batu) hasil
stone crusher PT. Perwita Karya, Yogyakarta. Aspal AC
60-70 dan serat selulosa CF-31500 (eks PT. Saranaraya Reka
Cipta, Jakarta) juga dari PT. Perwita Karya, Yogyakarta.
Agregat halus dari Kali Krasak diambil di daerah hulu
sungai (Dusun Kranggan - Magelang). Variasi kadar aspal
yang digunakan adalah 6,2%, 6,5%, 6.8% dan 7,1%. Kadar
aspal optimum yang dicapai untuk kedua jenis campuran adalah 6,65%. Kadar serat selulosa yang digunakan adalah 0,3%.
Penelitian ini dilaksanakan di Laboratorium Jalan
Raya Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Sipil dan
Perencanaan Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta. Penelitian laboratorium dilaksanakan dari tanggal 9 Oktober
1996 sampai dengan tanggal 22 Oktober 1996.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai density,
VITM, flow, campuran SMA+S dengan agregat halus Kali Kra
sak lebih rendah dari campuran SMA+S dengan agregat halus
Kali Progo hasil stone crusher. Sebaliknya, nilai stabili
tas, VFWA dan Marshall Quotient campuran SMA+S dengan
agregat halus Kali Krasak lebih tinggi dari campuran SMA+S
agregat halus Kali Progo hasil stone crusher.
Agregat halus Kali Krasak dapat menjadi alternatif
agregat halus yang digunakan pada campuran Split Mastic
Asphalt ditambah serat selulosa (SMA+S).
Collections
- Civil Engineering [4258]